Jalan Poros Kukar-Balikpapan-Samarinda Dilumpuhkan Longsor

367

SAMARINDA – Jalan poros penghubung Kabupaten Kutai Kartanegara menuju Kota Samarinda dan Kota Balikpapan lumpuh total, Jumat (15/3/2019).

Badan jalan di kawasan RT 13, Desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan, longsor runtuh ke sungai Mahakam, pada Jumat siang. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa yang terjadi sekira pukul 14.45 WITA tersebut. Namun, satu keluarga yang terdiri dari empat orang dilaporkan sempat terjatuh bersama sepeda motornya ke dalam sungai.

“Ada satu keluarga yang terdiri dari empat orang sempat terjatuh bersama longsoran jalan. Untungnya mereka semua selamat. Hanya sepeda motor mereka yang ikut tenggelam,” kata Kapolres Kukar, AKBP Handoko, di lokasi kejadian usai peninjauan pos pengamanan Lebaran di Bukit Soeharto.

Menurut Handoko, pihak kepolisian telah mengambil langkah-langkah mengamankan lokasi, dengan memasang garis polisi. Hal itu untuk membantu agar masyarakat tidak beramai-ramai mendekati lokasi. “Saya juga sudah perintahkan kepada petugas di Polsek Loa Janan, untuk membantu mengalihkan arus dari Balikpapan menuju Tenggarong lewat Samarinda,” ungkapnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, H Darmansyah, menyebut, pihak terkait telah menggelar rapat koordinasi, mencari solusi dalam persoalan tersebut. “Selain dari Muspika Loa Janan, tiga perwakilan perusahaan tambang yakni PT Anugrah Bara Kumala, PT Indo Perkasa dan PT Rinjani Kartanegara juga ikut serta dalam rapat, guna membahas pembuatan jalan alternatif. Dari pihak perusahaan menyatakan siap jika areal perusahaan dijadikan jalan alternatif,” ujar Darmansyah.

Jalan poros Loa Janan, merupakan akses utama bagi warga Tenggarong, Kukar yang akan bepergian menuju Kota Samarinda dan Balikpapan. Akibat terputusnya jalur tersebut, saat ini warga Tenggarong yang akan ke Balikpapan harus menempuh rute panjang melewati Tenggarong Seberang dan Kota Samarinda. (Ant)

Lihat juga...