hut

Jatim Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

Ilustrasi BMKG - Dok: CDN

SIDOARJO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda memperingatkan potensi cuaca ekstrem di Jawa Timur.

Disebutkan, potensi cuaca ekstrem kemungkinan terjadi selama tiga hari ke depan. “Cuaca ekstrem itu di antaranya berupa hujan disertai dengan petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di provinsi setempat,” kata Kasie Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto di Sidoarjo, Jumat (15/3/2019).

Oleh karena itu, masyarakat yang tinggal di wilayah pegunungan, diminta lebih waspada. Terutama untuk ancaman potensi tanah longsor. “Selain itu, potensi banjir juga kemungkinan bisa terjadi di wilayah-wilayah yang rendah,” tandasnya.

Meskipun, saat ini di Jawa Timur sudah lepas dari puncak musim hujan, dan memasuki masa peralihan musim. Potensi hujan disertai angin kencang masih mungkin terjadi. “Oleh karenanya, masyarakat harus lebih berhati-hati, mengingat saat peralihan cuaca, angin kencang akan kembali terjadi,” ujarnya.

Saat ini, suhu udara di Jawa Timur berkisar antara 17 hingga 33 derajat celsius. Tingkat kelembaban udara 60 hingga 100 persen. Sedangkan angin bertiup dari Barat Daya ke Barat Laut, dengan kecepatan 0,5 hingga 30 kilometer per jam.

“Kami mengeluarkan peringatan dini, untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang sesaat. Potensi terjadi di wilayah Batu, Kabupaten Mojokerto, Situbondo dan Bondowoso. Kemudian pada malam juga diwaspadai potensi angin kencang wilayah Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...