Jumlah Pengujung TMII Meningkat di Hari Nyepi

Editor: Koko Triarko

239

JAKARTA – Hari libur Nyepi 2019, objek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, dibanjiri pengunjung,  Kamis (7/3/2019). Mereka berdatangan dari berbagai daerah, untuk menikmati liburan Nyepi di TMII. Anjungan-anjungan daerah dipadati pengunjung. Seperti yang terlihat di Anjungan Sumatra Barat dan Anjungan Aceh. 

“Kebetulan kerja, libur. Anak saya ada tugas bikin makalah budaya daerah, saya ajak saja ke TMII lihat Anjungan Aceh ini,” ujar Bagus Cahyano, pengunjung yang datang bersama keluarganya, Kamis (7/3/2019).

Menurut dia, anaknya yang bernama Irma, kelas satu SMP di Tangerang, sangat menyukai budaya daerah, utamanya sejarah Rumah Cut Nyak Dien dan ragam tarian Aceh.

Manajer Informasi Budaya dan Wisata TMII, Sachur, YT. -Foto: Sri Sugiarti

“Irma, anak saya tadi wawancara dengan pemandu anjungan, tanya budaya Aceh. Alhamdulillah, dia udah dapat bahan tugasnya,” ujarnya.

Bagus mengaku sempat mengunjungi Pura di TMII, yaitu tempat ibadah umat Hindu, tapi sepi. “Ya mungkin karena sudah siang, ya. Tapi, kan kalau Nyepi, umat Hindu tidak boleh aktivitas,” imbuhnya.

Andini Ramandani, warga Bogor mengaku sengaja wisata ke TMII pada tanggal merah perayaan Nyepi 2019 ini. Ada pun wahana wisata yang dituju adalah Taman Burung TMII.

“Anak-anak senang wisata ke Taman Burung ini, jadi tambah ilmu. Edukasi buat mereka biar sayang hewan, tidak takut. Tadi juga ada peragaan cara kasih makan burung Julang Irian. Anak-anak senang banget,” kata Andini.

Pengunjung terlihat  terus berdatangan ke Taman Burung TMII. Mereka sangat antusias bercengkerama dengan ragam burung khas Indonesia.

“Libur Nyepi, saya tadinya ingin lihat rangkaian ibadah umat Hindu. Tapi, nggak ada. Ya, wisata ke Taman Burung saja, anak-anak senang,” kata Miranda, warga Cilandak.

Manajer Informasi Budaya dan Wisata TMII, Sachur YT., mengatakan, kegiatan Nyepi umat Hindu di Pura Hindu Dharma TMII, sudah dilakukan ibadah sembahyangan yang dipimpin oleh seorang  mangku, pada Rabu (6/3).

Kemudian melakukan kirab yang dilanjutkan proses tapa atau Nyepi pada Kamis (7/3). Perayaan Nyepi ini dengan tidak melakukan aktivitas lainnya.

Pengunjung berwisata di Anjungan Sumatra Barat TMII, Jakarta, pada libur Nyepi, Kamis (7/3/2019).-Foto: Sri Sugiarti

Dia mengatakan, antusiasme pengunjung pada perayaan Nyepi tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. “Pengunjung TMII, saat Nyepi tahun ini meningkat 50 persen dibandingkan 2018 lalu,” jelasnya.

Tercatat pada Kamis (7/3/2019), hingga pukul 14.00 WIB, pengunjung TMII mencapai 21.130 orang. Ada pun jumlah bus sebanyak 188 unit, mobil 2.823 dan motor 2.017.

“Alhamdulillah, antusiasme pengunjung TMII selalu meningkat dalam berbagai iven, termasuk liburan Nyepi ini,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...