Kepedulian Tukad Bindu Berikan Layanan Kesehatan Masyarakat

Editor: Satmoko Budi Santoso

208

DENPASAR – Komunitas sungai di wilayah Kesiman Tukad Bindu selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Berbagai capaian serta prestasi mampu disabet  berangkat dari kepedulian terhadap lingkungan. Seperti  penghargaan dari Pemkot Denpasar tentang komunitas peduli lingkungan hingga penghargaan nasional tentang penataan sungai berbasis masyarakat.

Dalam rangka menyambut HUT ke-2 Yayasan Tukad Bindu, berbagai kegiatan sosial turut dilaksanakan. Seperti donor darah, pemeriksaan kesehatan, pengobatan medis, penyembuhan dengan energi nonmedis, dan totok cahaya wajah bersama Ghenta Yoga. Selain itu juga turut dilaksanakan lomba memancing.

Kegiatan yang menyasar seluruh lapisan masyarakat termasuk pemuda dan lansia ini dilaksanakan secara gratis di Kawasan Hutan Jati, Objek Wisata Tukad Bindu Kesiman, Minggu (17/3/2019).

Ketua Yayasan Tukad Bindu, Ida Bagus Made Ari Manik, di sela kegiatan menjelaskan, bahwa keberadaan Yayasan Tukad Bindu beserta Obyek Wisata Tukad Bindu bertujuan memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain menjadi wahana edukasi tentang kepedulian terhadap lingkungan, Yayasan Tukad Bindu juga ingin memberikan layanan kesehatan secara gratis.

Ketua Yayasan Tukad Bindu, Ida Bagus Made Ari Manik. -Foto: Sultan Anshori.

“Dengan menggandeng stake holder terkait kami menyelenggarakan kegiatan sosial di bidang kesehatan, sehingga keberadaan Yayasan Tukad Bindu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Utamanya dalam bidang kesehatan, selain juga menjadi tempat edukasi peduli lingkungan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, ada pun masyarakat yang hadir sebagian besar merupakan warga banjar di sekitar kawasan Tukad Bindu, yakni Banjar Ujung, Banjar Abian Nangka Kaja, Banjar Abian Nangka Klod, dan Banjar Dukuh.

“Sesuai dengan tujuan dan visi misi kami di Yayasan Tukad Bindu, kami akan terus berbuat untuk masyarakat serta tak henti-hentinya memberikan edukasi, pelayanan di segala bidang untuk masyarakat sekitar. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak atas suksesnya acara ini,” paparnya.

Sementara, Kaling Banjar Ujung, I Gusti Ari Rai Remaja, sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan sosial ini. Dengan adanya kegiatan sosial ini masyarakat dapat memanfaatkan secara gratis.

Hal ini menurutnya sejalan dengan program pemerintah untuk menciptakan kesehatan serta kebahagiaan masyarakat.

“Semoga kegiatan ini dapat terus berjalan dan terus mampu berbuat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitar,” ujar pria yang akrab disapa Gung Nik ini.

Salah seorang warga Banjar Abian Nangka Kaja, I Wayan Mahardika, mengaku senang dengan dilaksanakannya kegiatan sosial di bidang kesehatan. Masyarakat sekitar, utamanya lansia tak perlu jauh lagi untuk berkonsultasi masalah kesehatan walaupun hanya sementara.

“Sangat baik dan semoga dapat terlaksana secara rutin,” paparnya.

Lihat juga...