hut

KIP Sabang Pastikan Tidak Ada WNA di DPT Pemilu 2019

Ilustrasi - Dok CDN

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Sabang, Aceh, memastikan tidak ada satu orang-pun Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke dalam Daftar Pemilik Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Saat ini, DPT Pemilu 2019 di daerah tersebut berjumlah 25.741 pemilih. “Dari informasi yang berkembang, ada tujuh WNA memiliki KTP-el (kartu tanda penduduk elektronik). Kami sudah cross chek DPT, tidak ada satu pun WNA yang masuk ke dalam DPT,” ujar Ketua KIP Sabang, Azman, Senin (18/3/2019).

Pemeriksaan ulang DPT dilakukan, setelah pihaknya menyurati Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sabang. Dari surat balasan, KIP diminta menghubungi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Meski tidak ada WNA yang masuk dalam DPT, tapi pihaknya meminta Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus cermat. Jangan sampai ada WNA ikut mencoblos di hari pemungutan suara. Data KIP Sabang menyebut, dari 25.741 orang pemilih, 12.686 pemilih di antaranya memilih di Daerah Pemilihan (dapil)-1 Kecamatan Suka Karya. 13.055 orang memilih di dapil-2 Kecamatan Sukajaya.

“Kalau di DPT, tidak ada. Tapi kalau WNA memiliki KTP-el itu, ada. Sesuai aturan di Indonesia-pun, ini dibenarkan. Oleh karenanya, Sabang merupakan salah satu destinasi wisata. Paling tidak, kami telah berupaya. Kita tidak berani menyalahkan Disdukcapil, karena itu perintah dari pusat,” tegas Azman. (Ant)

Lihat juga...