KONI Kotawaringin Timur Programkan Peningkatan Prestasi Atlet Jangka Panjang

204
Pengurus KONI Kotim menggelar rapat perdana dengan pengurus cabang olahraga dan koordinator olahraga kecamatan. (Foto Ant)

SAMPIT – Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, memfokuskan diri untuk program pembinaan atlet prestasi jangka panjang.

“Kami tidak ingin mengejar prestasi dengan menyewa atlet luar daerah. Kami ingin membina atlet daerah sendiri, dengan pembinaan yang baik, sehingga mampu berprestasi menggembirakan,” kata Ketua Umum KONI Kotawaringin Timur, H Achyar Umar, Jumat (15/3/2019).

Prestasi olahraga Kotawaringin Timur terus mengalami peningkatan yang menggembirakan. Saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018, di Muara Teweh, Barito Utara, kontingen Kotawaringin Timur sukses menempati peringkat ketiga. Capaian tersebut membuat bangga pemerintah daerah dan KONI Kotawaringin Timur. Dalam perhelatan tersebut, Kotawaringin Timur berangkat dengan mengandalkan 100 persen atlet lokal.

Capaian itu membuktikan, bahwa atlet Kotawaringin Timur memiliki potensi besar untuk berprestasi. Prestasi bisa diraih tanpa menyewa atlet dari luar daerah. Pemerintah daerah dan KONI Kotawaringin Timur optimistis, prestasi olahraga daerahnya akan kembali kepada masa kejayaannya. Menjadi barometer prestasi olahraga di Kalimantan Tengah.

Tekad tersebut akan dijalankan KONI Kotawaringin Timur, dengan menggelar pembinaan dan peningkatan prestasi atlet jangka panjang. KONI siap membantu mengirim atlet lokal usia dini, untuk menimba ilmu olahraga di daerah lain agar kemampuannya meningkat.

“Kita upayakan sekolahkan mereka di Jawa sesuai cabang olahraganya. Masalah kebutuhannya, nanti kita bicarakan bersama-sama. Melalui program jangka panjang ini, kita harapkan akan lahir atlet daerah kita yang mampu menorehkan prestasi hingga ke tingkat internasional,” harap Achyar.

Achyar mempersilakan orangtua mendaftarkan anaknya untuk program pembinaan tersebut. Syaratnya, tentu ada prestasi yang sudah diraih, serta orangtua dan sang anak harus siap menjalankan program tersebut di luar daerah. “Untuk melihat prestasinya bisa dilihat dari ajang seperti O2SN, Pekan Olahraga Pelajar dan turnamen kelas remaja, yang diselenggarakan oleh cabang olahraga,” tambah Achyar.

Pengurus KONI Kotawaringin Timur baru dilantik pada 5 Maret lalu. Pengurus baru menggelar rapat perdana dengan seluruh pengurus cabang olahraga dan koordinator olahraga kecamatan. Pertemuan di aula Kecamatan Mentawa Baru Ketapang itu, menjadi ajang konsolidasi membahas program kerja. Selain program pembinaan dan peningkatan prestasi, masalah yang dibahas adalah kesiapan Kotawaringin Timur menjadi tuan rumah Porprov XII Kalimantan Tengah pada 2022 mendatang.

Ketua Umum KONI Kalteng, Aries Marcorius Narang, menyatakan dukungan penuh Kotawaringin Timur menjadi tuan rumah Porprov XII Kalteng 2022. Saat ini daerah tersebut sudah memiliki fasilitas yang lebih memadai dibanding daerah lain. (Ant)

Lihat juga...