KPU DIY Berharap Pengiriman Surat Suara Dimajukan Sepekan

Ilustrasi - Surat suara - Dok. CDN

YOGYAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan pengiriman surat suara untuk Pemilu serentak 2019 ke kabupaten/kota provinsi ini dimajukan sepekan dari jadwal semula, agar tahapan berikutnya bisa menyesuaikan.

“(Pengiriman) ke seluruh kabupaten/kota kalau jadwal lama itu tanggal 23 Maret 2019, terakhir ke Sleman, tetapi harapan kami bisa maju seminggu,” kata Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, di Kabupaten Bantul, DIY, Senin (11/3/2019).

Menurut dia, harapan agar pengiriman semua surat suara yang berjumlah lima jenis, yaitu surat suara DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR dan DPD dan presiden dan wakil presiden sudah disampaikan ke KPU RI.

“Memang, KPU RI kemarin menyampaikan akan maju seminggu, karena kalau untuk Sleman banyak surat suaranya, hampir empat juta surat, karena jumlah pemilih sekitar 700 ribu dikalikan lima jenis surat suara,” katanya.

“Jadi terkait dengan waktu, kita harap maju seminggu karena butuh waktu untuk melakukan sortir surat suara, sortir itu kan surat satu per satu dibuka kemudian dilipat lagi,” katanya.

Lihat juga...