KPU Kabupaten Barsel Mulai Sorlip Surat Suara

166
Ilustrasi: Pekerja melipat dan menyortir surat suara Pemilu 2019 [Ant]

PALANGKA RAYA — Komisi Pemilihan Umum Barito Selatan (Barsel), Provinsi Kalimantan Tengah, mengagendakan penyortiran dan pelipatan (sorlip) surat suara Pemilu 2019.

“Namun, berdasarkan kesepakatan dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), kepolisian dan lain-lainnya, sebelum dilakukan penyortiran dan pelipatan, terlebih dahulu dilakukan pengecekan terhadap bungkus kotak surat suara yang fisik luarnya ada yang sobek, atau sempat terkena air ketika dalam perjalanan,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan, Bahruddin, di Barito Utara, Kamis (14/3/2019).

Dia menerangkan, hal itu untuk memastikan kondisi surat suara yang dibawa dari Banjarmasin, Kalimantan Selaran, tidak rusak selama perjalanan.

Dia mengungkapkan, surat suara tersebut dilakukan penjemputan dari gudang group PT Majapahit Bangun Persada di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, selaku penyedia jasa ekspedisi pengiriman, dan surat suara tersebut tiba di kantor KPU Barito Selatan pada Selasa (12/3).

Berdasarkan tanda terima, surat suara yang diterima ini ada tiga jenis surat suara yakni surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI, surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi, dan surat suara pemilihan anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan.

“Berdasarkan catatan dan penghitungan surat suara yang diterima KPU Barito Selatan untuk pemilihan anggota DPR-RI sebanyak 194 koli dan surat suara pemilihan anggota DPRD Provinsi Kalteng sebanyak 96 koli,” jelas Bahruddin.

Sedangkan surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Barito Selatan yang diterima untuk tiga daerah pemilihan (dapil) yang terdiri dari 82 koli surat suara untuk dapil Barsel 1, kemudian 56 koli surat suara untuk dapil Barsel 2, dan 62 koli surat suara untuk dapil Barsel 3.

Dengan demikian total keseluruhan surat suara yang telah diterima, dan telah tiba di KPU Barito Selatan ini sebanyak 590 Koli.

Sementara itu, surat suara untuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, saat ini sedang dalam pengiriman dari Jakarta menuju ke Banjarmasin.

“Untuk penjemputan dua jenis surat suara itu masih belum bisa kita dipastikan, akan tetapi kita akan terus berkoordinasi dengan pihak ekspedisi agar bisa dilakukan penjemputan kembali surat suara tersebut nantinya,” kata Bahruddin.

Meskipun demikian, surat suara untuk pemilihan anggota DPD-RI dalam manifes dari group PT Majapahit Bangun Persada yang akan diterima nantinya sebanyak 194 koli dan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 49 koli. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...