KUD SHS Mandiri Krambilsawit Siapkan Desa Cerdas Teknologi

Editor: Satmoko Budi Santoso

235

YOGYAKARTA – Sebagai salah satu desa binaan Yayasan Damandiri, Desa Mandiri Lestari Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul, terus menyiapkan diri sebagai Desa Cerdas Teknologi. Desa Cerdas Teknologi yang dimaksud adalah desa yang mampu memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan setiap kegiatan ekonomi.

Melalui KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Desa Mandiri Lestari Krambilsawit, secara perlahan mendidik anggotanya yang mayoritas warga desa terpencil, untuk memanfaatkan teknologi digital. Tak hanya itu koperasi juga membantu melakukan upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Manajer Umum KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Muhammad Lukman Hakim, mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya dalam menjawab tantangan koperasi di era revolusi industri 4.0 saat ini. Hal itu dilakukan semata-mata agar koperasi sebagai pilar ekonomi desa tidak gagap menghadapi perkembangan zaman.

Sejumlah upaya itu antara lain mulai dari memanfaatkan potensi lokal desa Krambilsawit di bidang peternakan dengan membentuk kelompok-kelompok ternak dan pengelolaan pakan. Hingga memberdayakan potensi pariwisata di Krambilsawit dengan membentuk kelompok perajin batik dan kerajinan olahan kayu sebagai produk khas desa.

“Koperasi sudah memiliki tim khusus yang nantinya membantu usaha warga dalam bidang pemasaran secara online. Tim ini diisi anak-anak muda yang memiliki kemampuan teknologi digital,” katanya.

Sejumlah upaya yang dilakukan KUD SHS Mandiri Krambilsawit itu sendiri mendapatkan apresiasi dari pengurus Yayasan Damandiri. Pasalnya selain dimotori anak-anak muda desa, Desa Mandiri Lestari Krambilsawit dengan KUD SHS Mandiri Krambilsawit, telah mampu memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan kegiatan ekonomi.

Bendahara Yayasan Damandiri, Siswono (kanan) didampingi Sekretaris Yayasan Damandiri, Firdaus (kiri) dalam acara Rapat Kerja Restrukturisasi Organisasi dan Manajemen Koperasi Desa Mandiri Lestari, di Yogyakarta belum lama ini – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Apa yang sudah dilakukan KUD SHS Mandiri Krambilsawit ini dapat menjadi contoh keberhasilan koperasi Desa Mandiri Lestari. Koperasi ini telah secara serius, benar dan fokus dalam melakukan upaya pemberdayaan di desanya selama beberapa tahun terakhir.

Saya harap ini bisa menjadi dorongan bagi koperasi lain untuk membuat ide-ide yang bermanfaat guna kemajuan desa,” kata Bendahara Yayasan Damandiri, Siswono, didampingi Sekretaris Yayasan Damandiri, Firdaus.

Lihat juga...