hut

Layani Warga Pedalaman, Pemkab Jayawijaya Bangun Lima Puskesmas

WAMENA – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, telah meresmikan dua dari lima bangunan puskesmas baru, yang sedang dalam tahap penyelesaian untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di pedalaman wilayah itu.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Minggu, mengatakan dua puskesmas yang sudah diresmikan awal tahun ini adalah Puskesmas Tagime dan Puskesmas Pyramid.

Ia mengatakan, tiga puskesmas yang sedang dalam tahapan penyelesaian berada di Distrik Yalengga, Walelagama dan Distrik Wollo.

“Tahun ini ada Puskesmas Yalengga, Wollo dan Walelagama yang dibangun. Puskesmas Yalengga dan Walelagama dua lantai, sementara yang di Wollo itu satu lantai karena struktur tanahnya tidak kuat dan segera diresmikan,” katanya.

Tiga puskesmas di distrik tersebut dibangun baru karena bangunan lamanya ada yang terbuat dari papan, serta ada yang membutuhkan bangunan lebih besar.

“Sebenarnya di Yalengga itu sudah ada puskesmas lama, tetapi karena ada sistem dari pusat bahwa tipe puskesmas yang ada harus lebih besar maka kita kasih di Yalengga. Supaya pelayanan lebih baik dari yang sudah ada, termasuk di Wollo dan Walelagama,” katanya.

Jhon mengharapkan, pembangunan sejumlah puskesmas di distrik, dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sebab jika tidak dilakukan, jarak beberapa warga dengan puskesmas bisa mencapai tujuh kilometer.

Pada saat peresmian dua puskesmas itu, bupati berpesan kepada masyarakat untuk ikut menjaga tenaga kesehatan, termasuk fasilitas kesehatan agar pelayanan terus berjalan tanpa hambatan. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!