Liga Champions: Ajax Singkirkan Madrid di Bernabeu

Editor: Makmun Hidayat

MADRID – Hasil minor yang diraih Real Madrid belum juga berakhir. Setelah tersingkir dari Copa del Rey, kemudian dipecundangi Barcelona di La Liga selang empat hari kemudian, kini Madrid kembali menuai hasil negatif di Liga Champions.

Madrid yang berstatus juara bertahan harus rela tersingkir usai dipermak Ajax Amsterdam pada leg kedua babak 16 besar di Santiago Bernabeu, Rabu dini hari. Kemenangan 2-1 di leg pertama jadi sia-sia karena Ajax menang 4-1 dan memastikan lolos perempat final untuk pertama kalinya sejak musim 2002-03.

Kekalahan ini jelas sangat menyakitkan bagi Madrid yang meraih hasil cukup manis di Liga Champions pada beberapa musim terakhir. Tidak hanya itu, kini peluang Los Blancos mengangkat trofi empat kali beruntun dipastikan kandas dan pintu keluar bagi Santiago Solari pun kian terbuka lebar.

Madrid yang tidak diperkuat Sergio Ramos mengawali laga dengan sangat baik. Di menit empat, Los Blancos memberi ancaman serius saat Lucas mengirim umpan silang kepada Raphael Varane dan disambut sundulan kepala. Sayang bola dihalau mistar gawang.

Tapi tiga menit kemudian Ajax yang justru membuka keunggulan. Memanfaatkan umpan silang eks winger Southampton, Dusan Tadic, Hakim Ziyech mengirim bola ke pojok gawang Madrid. Madrid langsung bereaksi namun tembakan Vinicius Junior masih bisa dihalau Anre Onana dan tembakan Toni Kroos masih melebar.

Raksasa Belanda kemudian menggandakan skor di menit 18. Tadic sempat memperdaya sejumlah rintangan dan mengirim bola pada David Neres yang sempat mengecoh Thibaut Courtois sebelum mengirim bola ke gawang. Empat menit kemudian, Ajax nyaris menambah gol namun tembakan Neres masih melebar.

Solar memasukkan Gareth Bale di menit 29 namun Lucas justru mengalami cedera. Madrid memberi sejumlah ancaman di sisa babak pertama namun tidak ada satu pun gol yang berhasil diciptakan.

Memasuki babak kedua, laga berlangsung kian sengit. Kedua tim terlibat jual beli serangan namun keberuntungan jadi milik Ajax yang menambah skor menjadi 3-0 melalui Dusan Tadic. Laga sempat terhenti lama untuk memastikan rekaman video VAR.

Delapan menit kemudian, Marco Asensio memperkecil ketinggalan Madrid. Tembakan rendahnya meluncur ke pojok bawah gawang Onana. Tapi Ajax kiprah Madrid dipastikan berakhir setelah Lasse Schoene kembali menambah gol Ajax hanya berselang dua menit kemudian. Gol Schoene  membuat Ajax mengunci kemenangan 4-1 dan memastikan lolos perempat final Liga Chamions.

Lihat juga...