MRT Sudah Bisa Digunakan Masyarakat Mulai Awal April

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Mass Rapid Transit (MRT), yang menjadi sarana transportasi di DKI Jakarta akan dioperasikan awal April 2019.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut, operasional MRT akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 24 Maret. “Kalau tidak salah 1 April semuanya baru operasional,” tadasnya, Selasa (19/3/2019).

Pada saat peresmian, Presiden Joko Widodo direncanakan juga akan mencanangkan pembangunan fase II MRT, dengan membangun stasiun bawah tanah di Lapangan Monas. Jokowi akan menandatangani prasasti peresmian MRT fase I dan pembangunan MRT fase II. Mengenai tarif, Anies Baswedan menolak mentah-mentah usulan dari dua anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta yang mengusulkan agar warga pemegang KTP Jakarta digratiskan naik MRT setelah diresmikan.

Anies menyebut, tarif MRT tidak bisa digratiskan karena keterbatasan anggaran. Pandangan Komisi B terkait tarif MRT itu hanya usulan yang sulit untuk dilakukan. “Enggak mungkin, dananya terbatas biar dibahas nanti,” kata Anies.

Diharapkannya, DPRD DKI Jakarta segera menyetujui besaran tarif MRT dan Light Rail Transit (LRT). Orang nomor satu di DKI Jakarta itu menekankan, tarif diharapkan sudah ditentukan sebelum peresmian oleh Presiden Joko Widodo.

Dimana Komisi B DPRD DKI Jakarta sudah menggelar rapat penetapan tarif MRT. Dalam rapat salah, satu usulan yang muncul menggratiskan untuk warga DKI Jakarta. “Kami minta subsidinya hanya untuk masyarakat DKI,” kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi.

Suhaimi menyebut, penetapan tarif tetap harus dilakukan. Tapi tarif hanya diberlakukan bagi warga non-DKI Jakarta. Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengusulkan tarif MRT Rp10.000 per penumpang. Tarif tersebut untuk MRT Jakarta fase 1, rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI). Sementara untuk LRT Jakarta fase 1 rute Kelapa Gading-Velodrome, Pemprov DKI mengusulkan tarif Rp6.000 per penumpang.

Dengan tarif tersebut, Pemprov DKI harus menggelontorkan subsidi Rp572 miliar untuk MRT dan Rp 327 miliar untuk LRT dari APBD DKI 2019.

Lihat juga...