Mutu dan Kualitas Ketak Lombok Tengah Harus Ditingkatkan

Editor: Mahadeva

253

LOMBOK TENGAH – Ketak, merupakan salah produk kerajinan unggulan Kabupaten Lombok Tengah. Keberadaanya cukup dikenal banyak dikenal wisatawan.

Namun demikian, dari sisi pemasaran kerajinan ketak bisa dinilai belum maksimal. Selain masalah promosi dan kemampuan pemasaran yang kurang, dari sisi mutu dan kualitas juga masih perlu ditingkatkan. Hal itu perlu dilakukan, jika ingin ketak bisa membus pasar dalam skala besar, baik nasional maupun internasional.

“Peningkatan mutu dan kualitas menjadi salah satu kunci penting, agar pemasaran hasil kerajinan ketak bisa tembus pasar internasional,” kata Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan industri Disperindag, Kabupaten Lombok Tengah, Mariadi, Selasa (19/3/2019).

Pengendalian mutu produk, dibutuhkan untuk menjaga kepercayaan konsumen. Hal itu juga bisa untuk meningkatkan nilai jual. Pembentukan kelompok seperti GKM, bertujuan agar perajin ketak bisa menghasilkan produk yang baik secara kualitas dan kuantitas.

Fasilitator GKM, Disperindag Lombok Tengah, Zuljihad Jaelani, mengatakan, strategi pemasaran dan kewirausahaan juga menjadi faktor penting untuk menjalankan usaha kerajinan ketak. Kemajuan teknologi digital sekarang ini, harus disikapi pelaku UMKM untuk mulai melakukan transformasi promosi, pemasaran dan penjualan.

Seperti memanfaatkan media sosial yang ada seperti, Facebook, Instagram maupun Twitter. “Harus melek teknologi, kalau ingin pemasaran produk dihasilkan bisa merambah pasar internasional, tidak bisa hanya dilakukan dengan cara offline,” katanya.

Lihat juga...