Pemkot Malang Angkat Kuliner Bakso dan Cwimie

Editor: Koko Triarko

188

MALANG – Pemerintah Kota Malang bekerja sama dengan para stakeholders, terus berupaya mengangkat kuliner khas Malang untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas. Salah satu, upaya melalui Festival Bakso dan Cwimie.

Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Jawa Timur, Kota Malang memiliki keunggulan dalam hal wisata kuliner. Aneka jenis kuliner dapat ditemui di kota yang pada April mendatang genap berusia 105 tahun tersebut. Termasuk di dalamnya kuliner khas Malang, bakso dan cwimie, dengan bermacam variannya.

Wali Kota Malang, Sutiaji, saat membuka acara tersebut mengatakan, tepat kiranya jika Kota Malang dijadikan sebagai rujukan wisata kuliner. Karena selain kulinernya yang beragam, di Kota Malang juga terdapat beberapa kuliner legendaris yang sudah ada sejak berpuluh tahun lalu.

Lebih lanjut, Sutiaji menyebutkan, kuliner yang paling khas dari Malang adalah bakso dan cwimie.

“Kenapa kok yang diangkat dalam festival adalah bakso dan cwimie? Karena memang bakso sudah menjadi kuliner khas Malang. Jadi, bakso ini harapannya nanti akan kita angkat sebagai kuliner andalan, agar lebih dikenal masyarakat luas,” sebutnya, Jumat (15/3/2019).

Melalui festival tersebut, Sutiaji berharap, nantinya para wisatawan mancanegara dan nusantara, bisa lebih mengenal bakso dan cwiemie, sehingga bisa turut mengangkat perekonomian di Kota Malang.

“Ke depan, diharapkan tidak hanya bakso dan cwi mie yang menjadi kuliner andalan Kota Malang, tetapi kuliner lainnya juga bisa mengikuti,” harapnya.

Sementara itu dikatakan Sutiaji, festival yang digelar hingga 17 Maret nanti, juga dibarengi dengan acara ‘mendem durian’. Hal itu dilakukan, karena selain saat ini masih masuk musim durian, Malang juga dikenal dengan buah beraroma tajam tersebut.

“Sekarang masih musim durian, dan Malang juga dikenal dengan durian,” ucapnya.

Menurutnya, dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun ke-105 Kota Malang, berbagai acara telah dipersiapkan, termasuk yang berhubungan dengan kuliner. “Sebentar lagi juga akan kita gelar festival kuliner nasional, bekerja sama dengan kementerian pertanian,” ungkapnya.

Baca Juga
Lihat juga...