hut

Pemprov DKI Buka Seleksi Jabatan Pratama

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta, Chaidir, mengatakan, Pemprov DKI membuka kembali kesempatan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi persyaratan, untuk mendaftar dan mengikuti seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. 

“Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat mengikuti seleksi terbuka ini, kecuali pada jabatan tertentu yang dapat diisi oleh PNS dari kementerian atau lembaga atau Pemerintah Daerah lain,” ujar Chaidir, melalui pesan singkat diterima wartawan di Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Kegiatan ini sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014, tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Hal ini disampaikan melalui Pengumuman Nomor 13 Tahun 2019, tentang Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tertanggal 29 Maret 2019.

Chaidir menyampaikan, seleksi terbuka ini untuk menetapkan calon pemangku Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II). Untuk mengikuti seleksi terbuka ini, setiap peserta diwajibkan mengisi data secara baik dan benar, serta hanya dapat mendaftar untuk satu jabatan yang diinginkan.

Formasi jabatan yang dibuka dan panduan pendaftaran seleksi terbuka dapat diakses dan diunduh melalui laman https://seleksiterbuka.jakarta.go.id.

Peserta juga harus melengkapi segala dokumen atau berkas yang mendukung persyaratan, yaitu: Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Fotokopi Pangkat Terakhir, Fotokopi SK Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan/atau Fotokopi SK Jabatan Administrator atau Jabatan Fungsional Jenjang Ahli Madya, Fotokopi ljazah Pendidikan Sarjana Strata 1 (S-1)/Diploma IV (D-IV) dan Pascasarjana (bila ada).

Fotokopi tanda terima Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) terakhir, kecuali untuk pejabat fungsional menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN), Fotokopi Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPT) tahun 2017.

Fotokopi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Penilaian Prestasi Kerja PNS tahun 2017 dan 2018, FORM 1: Surat lamaran yang ditujukan kepada Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta selaku Ketua Panitia Seleksi Terbuka, FORM 2: Daftar Riwayat Hidup + Foto (sesuai format).

FORM 3: Surat pernyataan tidak pernah dijatuhi hukuman pidana, hukuman disiplin tingkat sedang/berat, tidak sedang menjalani hukuman disiplin, dan tidak dalam status tersangka/ terdakwa/ terpidana oleh aparat penegak hukum, serta tidak pernah dipidana dengan pidana penjara.

Fotokopi Dokumen yang medukung pengisian Daftar Riwayat Hidup antara lain; Diklat penjenjangan, Diklat Teknis/Fungsional, Penghargaan, SK Riwayat Jabatan dan Hukuman Disiplin (jika ada).

Untuk diketahui, mekanisme seleksi terbuka terdiri dari seleksi administrasi, tes tertulis dan penulisan makalah, tes kompetensi, tes esehatan, dan wawancara.

Waktu pendaftaran seleksi terbuka dimulai dari sejak pengumuman ini diterbitkan, yaitu pada 29 Maret hingga 12 April 2019.

Kemudian akan dilanjutkan dengan tahap dan proses seleksi hingga Pengumuman Akhir, yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2019. Perincian jadwal dan tempat pelaksanaan dalam masing-masing tahapan tes akan diinformasikan melalui website resmi dalam waktu yang tidak terlalu lama, setelah proses seleksi administrasi.

“Peserta Seleksi Terbuka tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apa pun,” tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies R Baswedan, mengatakan, proses lelang 16 jabatan eselon II di DKI Jakarta akan dimulai Senin pekan depan.

Anies menjelaskan, pendaftaran rencananya dibuka selama dua minggu. Namun, dia belum bisa memastikan kapan waktu seleksi lelang terbuka tersebut selesai. Nantinya, ada 16 jabatan yang masih kosong dan saat ini masih diisi oleh pelaksana tugas.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!