Perguruan Tinggi Diminta Tingkatkan Inovasi dan Cetak SDM Berkualitas

Editor: Satmoko Budi Santoso

179

DENPASAR – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, mengatakan, seiring dengan era globalisasi yang penuh persaingan, peningkatan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi pada berbagai bidang kehidupan mutlak dilakukan.

Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki profesionalisme tinggi di pasar kerja, dan dalam hal ini perguruan tinggi memegang peran signifikan sebagai lembaga pencetak pemikir sekaligus tenaga kerja yang mampu mengantisipasi perkembangan tersebut.

“Perguruan tinggi diharapkan dapat terus berinovasi serta berkontribusi dalam penyediaan SDM yang berkualifikasi dan berkompetensi tinggi sesuai kebutuhan pembangunan daerah,” ucap Wakil Gubernur yang akrab disapa Cok Ace ini, saat menghadiri acara pelantikan Rektor Universitas Warmadewa Periode 2019-2023 di Gedung Widya Sabha Utama, Kampus Warmadewa, Denpasar, Sabtu (16/3/2019).

Pelantikan Rektor Universitas Warmadewa Periode 2019-2023 di Gedung Widya Sabha Utama, Kampus Warmadewa, Denpasar, Sabtu (16/3/2019).-Foto: Sultan Anshori.

Cok Ace berharap, agar perguruan tinggi terus meningkatkan kualitas SDM pengelolanya.

Dewasa ini persaingan antarperguruan tinggi dalam menarik minat masyarakat ditentukan oleh kualitas penyelenggaraan pendidikan, pelayanan kepada masyarakat serta peran sosial yang diberikan kepada lingkungan di sekitarnya.

“Saya harap perguruan tinggi bisa menjadi ‘menara air’ yang memberikan kesejukan, kesegaran, menghapuskan dahaga seluruh komponen masyarakat terutama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Ke depan saya harapkan peran dan kontribusi perguruan tinggi terus meningkat,” imbuh pejabat asal Gianyar ini.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII Prof. Dr. Nengah Dasi Astawa, mengingatkan, agar para pemimpin selalu mengutamakan sikap kejujuran dalam bekerja disamping sikap disiplin, inovatif, bekerja dengan tuntas, cerdas serta berkualitas.

Prof. Dasi juga berharap agar perguruan tinggi khususnya Perguruan Tinggi Swasta terus meningkatkan kualitas baik kualitas pengelolanya maupun kualitas lulusannya, sehingga mampu dan dapat bersaing di tengah masyarakat.

“Kampus ini adalah peradaban masyarakat di segala bidang. Maka kita harus buktikan kalau kita mampu menghasilkan lulusan terbaik untuk masyarakat ke depan,” pungkas Prof. Dr. Nengah Dasi Astawa.

Baca Juga
Lihat juga...