Petani OKU Siap Panen Jagung 4,5 Hektare

BATURAJA – Petani warga Desa Way Heling, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, siap menyambut panen raya jagung yang diprediksi mulai dilaksanakan pada pekan depan.

“Panen jagung tahun ini diprediksi akan berlangsung pekan depan,” kata salah seorang petani jagung warga Desa Way Heling, Ogan Komering Ulu, Yudi di Baturaja, Sabtu.

Dia mengemukakan, petani di desa setempat saat ini sedang mempersiapkan keperluan panen raya mulai dari membersihkan kebun hingga menyediakan mesin perontok jagung.

“Mudah-mudahan pekan depan petani di desa kami sudah bisa memanen jagung karena memang usia tanamnya telah memasuki masa panen,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Desa Way Heling, Herwandi, menambahkan pada pekan depan sekitar 4,5 hektare kebun jagung di desa setempat diprediksi sudah siap dipanen.

“Menjelang masa panen raya tahun ini, para petani sudah mempersiapkan diri mulai dari membersihkan kebun hingga menyediakan mesin perontok jagung,” katanya.

Menurut dia, dari total luasan lahan yang ditanami jagung oleh petani di desa tersebut dapat menghasilkan sekitar 27 ribu ton jagung untuk dijual di pasar wilayah setempat.

Penjualan jagung hasil panen tersebut akan dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Way Heling untuk langsung dipasarkan guna menghindari penurunan harga jual di tingkat pengepul di pasar Baturaja.

“Untuk harga jual jagung di OKU saat ini kami belum tahu. Jika harganya sedang turun, BUMDes akan menampung hasil panen dan akan dijual setelah harga stabil,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...