PLN Distribusi Lampung Antisipasi Pohon Tumbang

LAMPUNG – Hujan lebat yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir di wilayah Lampung Selatan (Lamsel), mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan padamnya listrik. Guna mencegah hal itu. PT PLN Distribusi Lampung, rutin melakukan pemeriksaan pohon.

Yani, petugas pelayanan teknik PT. PLN Distribusi Lampung menyebut, kabel tertimpa pohon tumbang, bisa menyebabkan pemadaman listrik. Menurutnya, pemeliharaan rutin telah dilakukan dengan memeriksa pohon di sepanjang jalan, yang berpotensi mengakibatkan terganggunya jaringan listrik.

Sejumlah pohon di sepanjang jalan merupakan pohon yang sengaja ditanam masyarakat, serta pohon peneduh yang digunakan sebagai tanaman penghijauan oleh Dinas Pertamanan.

Daryanto, koordinator regu pemangkasan pohon dan pemeliharaan jaringan listrik PT.Haleyora selaku rekanan PT.PLN Rayon Kalianda -Henk Wiid

Yani menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak ketiga yang bekerja melakukan pemangkasan pohon. Petugas pelayanan teknik selalu berkeliling ke sejumlah jalan yang memiliki pohon pengganggu kabel.

Sejumlah pohon tersebut dominan berada di lahan yang tidak ditanam oleh masyarakat, sehingga perlu dilakukan pemangkasan. Pertumbuhan sejumlah pohon yang begitu cepat, terutama saat musim hujan membuat petugas siaga selama 24 jam.

“Petugas sebagian memiliki tugas untuk melakukan pemangkasan pohon serta sebagian memeriksa sejumlah gardu penyulang, yang mengalami gangguan agar distribusi listrik ke masyarakat lancar, terutama di wilayah yang membutuhkan listrik terus-menerus, seperti wilayah tambak,” terang Yani, Minggu (31/3/2019).

Petugas berkaitan dengan pemeliharaan jaringan listrik, sebut Yani, rutin memantau prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan menjadi acuan bagi petugas, terutama saat musim hujan.

Selain rutin berkeliling memantau sejumlah pohon berpotensi tumbang saat musim hujan disertai petir, petugas juga melakukan pemutusan aliran listrik sementara untuk pemeliharaan jaringan.

Imbauan kepada masyarakat pemilik pohon untuk melaporkan kepada petugas, juga diakui Daryanto, koordinator regu petugas pemangkasan pohon PT. Haleyora, rekanan PLN Rayon Kalianda.

Daryanto mengungkapkan, petugas akan melakukan pemeriksaan rutin saat musim hujan atau dalam kondisi musim kemarau. Pemeriksaan sekaligus pemangkasan dilakukan oleh petugas dengan perlengkapan keselamatan memadai. Di antaranya helm, tangga fiber, sengget, golok serta gergaji mesin.

“Petugas akan siaga setiap hari untuk melakukan pemeriksaan pohon yang berpotensi merusak jaringan listrik, selain itu menerima laporan dari masyarakat,” cetus Daryanto.

Masyarakat yang memiliki pohon menyentuh kabel dan takut melakukan pemangkasan, bisa menghubungi petugas. Disediakan layanan call center khusus untuk menghubungi petugas PLN, di antaranya untuk wilayah Kalianda bisa menghubungi 0727-123 dan akan disambungkan ke petugas pemangkasan pohon. Pemangkasan diakuinya dilakukan pada bagian ranting, meski sebagian warga merelakan pohon ditebang hingga pokok batang mencegah tumbang saat cuaca buruk.

Salah satu kendala yang dihadapi oleh petugas, kata Daryanto, terjadi saat pohon yang harus dipangkas berada di halaman warga. Halaman warga yang dipagar tinggi dan ditinggalkan penghuni, menyulitkan petugas melakukan pemangkasan.

Sejumlah pohon terpaksa ditebang untuk mencegah gangguan pada jaringan listrik di Kecamatan Ketapang -Foto: Henk Widi

Imbauan kerap dilakukan dengan menitipkan pesan pada tetangga rumah yang berada di dekat pemilik rumah untuk menghubungi pihak PLN, untuk melakukan pemangkasan.

“Keberadaan pohon yang berada di sekitar perumahan sangat berpotensi mengganggu jaringan tegangan menengah dan jaringan tegangan tinggi,”cetus Daryanto.

Pemeliharaan rutin oleh sejumlah petugas, di antaranya pemeriksaan trafo penyulang dan pemangkasan dilakukan untuk menjaga kelancaran listrik yang disuplai ke masyarakat.

Pada jangkauan pelayanan sepanjang 50 kilometer hingga 80 kilometer, ia menyebut sejumlah pohon yang sudah dipangkas kerap tumbuh kembali. Pemangkasan rutin selalu dilakukan setiap pekan dan semakin intensif dilakukan saat cuaca buruk berlangsung.

Lihat juga...