hut

PN Maumere Deklarasi Bebas Korupsi

Editor: Koko Triarko

Ketua Pengadilan Negeri Maumere , Johnicol Richard F Sine, SH. -Foto: Ebed de Rosary

MAUMERE – Pengadilan Negeri Kelas II Maumere, mendeklarasikan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Ketua PN Maumere memimpin para hakim, pegawai dan karyawan honor menyampaikan lima ikrar atau sumpah.

“Penanganan pakta integritas dan komitmen bersama, guna memantapkan tekad seluruh aparatur Pengadilan Negeri  Maumere dengan prima dan bermutu. Pencanangan ini merupakan amanah pemerintah berdasarkan peraturan presiden tentang grand design reformasi birokrasi,” sebut Ketua Pengadilan Negeri Maumere, Johnicol Richard F Sine, SH., Selasa (5/3/2019).

Dikatakan Johnicol, dalam grand design reformasi birokrasi 2010-2025, diharapkan dapat diwujudkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih dan bebas KKN. Juga pelayanan publik yang semakin maju dan mampu bersaing secara global.

“Selain itu, kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi yang baik, dan SDM yang semakin profesional. Juga pola pikir dan budaya kerja yang menunjukkan integritas yang semakin tinggi,” tuturnya.

Pengadilan Negeri Maumere dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, selain memeriksa dan mengadili perkara, juga selalu berupaya memberikan kualitas pelayanan publik yang baik. Semuanya dilakukan secara terbuka dan terus berinovasi mencapai hal tersebut.

“Beberapa perubahan telah kami lakukan, dengan menerapkan pelayanan terpadu satu pintu. Juga penyediaan Whistleblowing System yang disediakan oleh Badan Pengawas Mahkamah Agung,” tuturnya.

Dalam ikrar yang dibacakan, Johnicol menyatakan PN Maumere dalam melaksanakan tugas tidak akan menerima pemberian uang atau barang, baik langsung atau tidak langsung, dan tidak akan terpengaruh oleh siapa pun.

“Kami menyatakan akan senantiasa bekerja jujur, iklas dan tidak mengharapkan imbalan uang atau barang dari siapa pun. Juga mendukung pembangunan zona integritas di PN Maumere menuju wilayah bebas korupsi, dan wilayah birokrasi bersih dan melayani,” tegasnya.

Dalam ikrar tersebut, Johnicol mengatakan, seluruh pegawai di Pengadilan Negeri Maumere menegaskan tidak melakukan kolusi, korupsi dan nepotisme yang menguntungkan diri sendiri atau kelompok dan merugikan negara.

“Bila kami melanggar hal-hal yang kami ikrarkan dalam masa perjanjian, kami bersedia dikenai tindakan dan sanksi seberat-beratnya,” tuturnya.

Johnicol berharap, dengan penandatanganan pakta integritas dan komitmen ini, menjadikan seluruh aparatur di Pengadilan Negeri Maumere bekerja dengan profesional.

Selain itu, bekerja dengan transparan dan akuntabel serta menjauhkan diri dari perbuatan tercela, atau yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lihat juga...