Purbalingga Digelontor Bantuan Rp2,847 Miliar dari Pusat

Editor: Satmoko Budi Santoso

455

PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga tahun ini mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat senilai Rp 2,847 miliar. Bantuan tersebut berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan senilai Rp 1,461 miliar dan dari Kementerian Pertanian sebesar Rp 1,386 miliar.

Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa sarana bidang perikanan dan bantuan dari Kementerian Pertanian berupa alsintan prapanen dan alsintan pascapanen.

ʺBantuan tersebut langsung diberikan kepada kelompok tani-kelompok tani dan diharapkan dapat dipergunakan untuk menunjang kegiatan para petani di Kabupaten Purbalingga, sehingga bisa meningkatkan produktivitas,ʺ jelasnya, Sabtu (16/3/2019).

Menurut Plt Bupati Purbalingga, bantuan-bantuan yang diterima oleh Kabupaten Purbalingga sangat besar manfaatnya, terlebih lagi kondisi Purbalingga saat ini masih menjadi daerah dengan tingkat kemiskinan yang tinggi.

Ia berharap, Purbalingga akan menjadi daerah prioritas penerima bantuan dari berbagai kementerian untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Saat ini Kabupaten Purbalingga sedang giatkan pembangunan sektor pertanian dan juga perikanan. Dimana Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari ditunjuk menjadi desa binaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan mendapatkan program mina padi seluas 5 hektare pada tahun 2018. Hal itu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutur Plt Bupati yang biasa disapa Tiwi ini.

Bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Pertanian diserahkan kepada kelompok tani dan kelompok pembudidaya ikan dengan sistem mina padi di Desa Limbasari, Desa Majapura Bobotsari, Desa Mrebet, Kecamatan Mrebet, Desa Gemuruh, Kecamatan Padamara, Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja dan Pondok Pesantren Darussalam di Desa Slinga, Kecamatan Kalligondang.

Sedangkan bantuan dari Kementerian Pertanian berupa traktor diserahkan kepada kelompok tani di Desa Losari, Kecamatan Rembang, Desa Kalimanah Wetan, Kecamatan Kalimanah, Desa Kembaran Kulon, Kecamatan Purbalingga.

Bantuan cultivator untuk kelompok tani Desa Langgar, Kecamatan Kejobong dan Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja. Bantuan pompa air untuk kelompok tani Desa Tumanggal, Kecamatan Pangadegan, Desa Kalijajar, Kecamatan Kaligondang dan Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar.

ʺUntuk bantuan alat pertanian power tresher diberikan kepada kelompok tani Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja dan Desa Lambur, Kecamatan Mrebet. Bantuan corn sheller untuk kelompok tani Desa Lambur dan Desa Sumingkir, Kecamatan Kutasari. Serta bantuan dryer UV (alat pengering) untuk kelompok tani Desa Mipiran, Kecamatan Padamara,ʺ pungkasnya.

Lihat juga...