Puskeswan Rejang Lebong Vaksinasi HPR

Ilustrasi -Dok: CDN

BENGKULU – Petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Curup, Kabupaten Rejang Lebong menjalankan program vaksinasi Hewan Penular Rabies (HPR). Kegiatan kali ini dengan menggunakan stok cadangan vaksin 2018.

“Stok cadangan sengaja disiapkan setiap tahunnya, saat ini stok yang ada sektar 2.000 dosis,” kata kepala UPTD Puskeswan Curup, drh Firi Asdianto, Minggu (3/3/2019).

Stok vaksin cadangan yang digunakan, untuk program vaksinasi adalah yang sudah jatuh tempo. Kegiatannya, sembari menunggu kiriman pengadaan vaksin dari pemerintah pusat, provinsi maupun pengadaan yang dibiayai APBD setempat. Kegiatan vaksinasi diawal tahun ini, menyasar beberapa desa di Kecamatan Curup Selatan, seperti di Desa Teladan, Tempel Rejo, Suka Marga, Watas Marga, Air Lanang, Turan Baru, Pungguk Lalang dan Desa Tanjung Dalam.

Lokasi lainnya adalah beberapa desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Kecamatan Sindang Beliti Ulu, seperti Desa Belumai II, Kasi Kasubun, Trans Bukit Batu, Desa Tanjung Sanai II, Guru Agung, Karang Baru, Merantau, Periang dan Desa Lubuk Belimbing. Vaksinasi terhadap binatang peliharaan kucing, anjing dan kera akan dilaksanakan di 156 desa dan kelurahan di 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong. Target yang ditentukan sesuai dengan ketersediaan vaksin, yakni berkisar 16.000 ekor.

Vaksinasi HPR dilakukan untuk mencegah berjangkitnya kasus rabies, akibat terkena gigitan HPR. Tercatat, dalam dua tahun ini belum ada korban meninggal dunia akibat gigitan HPR. Namun demikian, tetap harus tetap diwaspadai sehingga tidak memakan korban jiwa. (Ant)

Lihat juga...