hut

Rakyat Nigeria Memilih Gubernur Negara Bagian

Peta wilayah Nigeria - Dokumentasi CDN

LAGOS – Para pemilih dari Nigeria kembali ke tempat-tempat pemungutan suara pada Sabtu (9/3/2019), untuk memilih gubernur-gubernur negara bagian.

Pemilihan tersebut dilakukan, dua pekan setelah Muhammadu Buhari, terpilih kembali menjadi presiden untuk masa jabatan kedua, setelah proses pemilihan yang sempat ditunda. Pemungutan suara diselenggarakan untuk memilih 29 dari 36 gubernur di Nigeria, yang merupakan produsen minyak terbesar di Afrika dan merupakan kekuatan ekonomi terbesar di benua itu.

Banyak di antara negara-negara bagian itu menguasai anggaran lebih besar daripada negara-negara kecil. Pemilihan sebelumnya diwarnai aksi kekerasan, termasuk penembakan dan kelompok-kelompok bersenjata yang merebut kotak-kotak suara. Sebagian hasil dari pemilihan gubernur tersebut diperkirakan akan diketahui pada Minggu (10/3/2019).

Buhari dari Semua Kongres Progresif (APC) mengalahkan Atiku Abubakar dari Partai Demokratik Rakyat (PDP) dalam pemilihan presiden bulan lalu, dengan meraih 15,2 juta suara dibandingkan 11,3 juta. Diperkirakan 35,6 persen pemilih memberikan hak suara mereka.

Dalam satu insiden, satu kelompok menembak dua serdadu hingga tewas, di negara bagian Rivers, yang merupakan pusat minyak di bagian selatan Nigeria. Hal itu menyebabkan ketakutan-ketakutan terhadap kekerasan kembali akan dirasakan di sana. Tentara mengatakan, akan bekerja sama dengan polisi untuk menjamin masyarakat dapat memberikan suara dalam suatu lingkungan tanpa kekerasan. (Ant)

Lihat juga...