hut

Rangkul Pemilih Milenial, KPU Banyumas Gelar Festival Dance

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Sebagai upaya untuk mengajak para pemilih pemula supaya tidak golput dan mau datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar acara festival dance.

Acara yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Soetedja, Kecamatan  Purwokerto Selatan ini, diikuti 20 regu dari perwakilan SMA/SMK, serta kelompok milenial. Para peserta diwajibkan menampilkan satu tarian dance jingle pemilu serta satu tarian bebas.

Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi, mengatakan, jumlah pemilih pemula di Kabupaten Banyumas ada 7,14 persen dari jumlah total pemilih. Sementara jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap 2 di Kabupaten Banyumas sebanyak 1.350.981 pemilih.

Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi, menyerahkan hadiah kepada juara festival dance. -Foto: Hermiana E. Effendi

ʺJumlah pemilih pemula di Kabupaten Banyumas cukup banyak, yaitu 7.14 persen dari DPTHP. Sehingga kita dorong para pemilih pemula usia 17-20 tahun ini, untuk menyalurkan hak pilihnya. Acara ini tidak hanya sekadar lomba dance saja, tetapi juga kita selingi dengan berbagai informasi tentang pemilu,ʺ terang Imam Arif, Minggu (31/3/2019).

Ketua KPU Banyumas berharap, melalui festival dance yang diikuti para pemilih pemula ini, dapat menggugah kesadaran mereka akan pentingnya berpartisipasi dalam pemilu. Sebab, pilihan mereka akan menentukan nasib bangsa ini ke depan.

“Mereka tak hanya nge-dance, diharapkan juga menjadi sadar untuk pentingnya menggunakan hak pilih,” ujar Imam.

Acara diawali dengan penampilan aksi flashmob melibatkan anggota dan pegawai KPU Banyumas, juri lomba dan peserta lomba.

Setelah itu, satu per satu peserta tampil sesuai dengan nomor urut. Peserta wajib membawakan tarian jingle pemilu terlebih dahulu dan satu tarian kreasi bebas.

Sepanjang acara berlangsung, baik peserta maupun penonton, terlihat sangat antusias. Penonton ikut bernyanyi dan bergoyang mengikuti alunan lagu.

Di akhir acara, juri mengumumkan juara pertama festival dance ini, yang diraih oleh Satria Breakin dan mereka mendapatkan hadiah uang senilai Rp2.500.000.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!