hut

Ribuan Peserta Ikuti Gowes Nusantara 2019 di Padang

Editor: Koko Triarko

PADANG – Gowes Nusantara 2019 resmi dimulai dari Kota Padang, Sumatra Barat. Peserta berasal dari 50 kabupaten dan kota di 34 Provinsi di Indonesia. Bendera start dikibarkan oleh Deputi III Pembudayaan Olah Raga Kemenpora RI, Raden Isnanta di kawasan GOR Agus Salim, Padang. 

Isnanta mengatakan, melalui kegiatan Gowes Nusantara ini Kementerian Pemuda dan Olah Raga menginginkan masyarakat dapat membudayakan sepeda untuk berolah raga. Mulai dari para pelajar melalui program Bike to School, pelajar dapat menggunakan sepeda menuju sekolah. Begitu juga untuk para pekerja bisa memanfaatkan sepeda untuk menuju tempat bekerja.

“Jika lebih banyak sepeda yang digunakan masyarakat, akan dapat menciptakan udara yang segar dan polusi udara akibat kendaraan bermotor bisa dikurangi. Udara segar dan badan pun sehat,” katanya, di Padang, Minggu (31/3/2019).

Ia menyebutkan, dalam Gowes Nusantara 2019 bukan sebagai ajang siapa yang tercepat sampai ke titik finish, karena Gowes Nusantara bukan balap sepeda. Tapi kepada peserta Gowes Nusantara, dapat menikmati bersepeda secara beramai-ramai.

Deputi III Pembudayaan Olah Raga Kemenpora RI, Raden Isnanta, saat memberikan sambutan di panggung utama Gowes Nusantara 2019 di Padang / Foto: M. Noli Hendra

Isnanta melihat, Kota Padang banyak memiliki komunitas sepeda. Hal ini terlihat dalam Gowes Nusantara 2019, peserta dari start cukup banyak dari Padang yang mengenakan seragam komunitas sepedanya. Artinya, dengan dipilihnya Padang sebagai garis start Gowes Nusantara 2019, adalah hal yang tepat.

“Jadi, setelah start di Padang, maka untuk puncak Gowes Nusantara 2019 rencananya akan dilaksanakan pada September 2019 mendatang. Tepatnya, saat perayaan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) pada 9 September,” ujarnya.

Selain itu, dalam rangkaian Gowes Nusantara ini juga ada kegiatan Jelajah Nusantara, melibatkan 20 atlet. Para atlet akan memulai mengayuh sepeda dari daerah paling ujung di Timur Indonesia (Papua), mulai dari Merauke, Jayapura, Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur.

“Rombongan ini akan menyusuri jalanan Indonesia, mengayuh sepeda sejauh 3.000 Km, yang akan berakhir di Mataram (Nusa Tenggara Barat). Semoga selesai sesuai yang kita rencanakan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Sumatra Barat, Adib Alfikri, mengatakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Sumatra Barat, karena Kemenpora memilih Kota Padang sebagai lokasi start untuk Gowes Nusantara 2019. Tentunya, dari Pemprov Sumatra Barat kegiatan tersebut berjalan lancar.

“Ini kesempatan yang bagus, karena secara tidak langsung dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat di Sumatra Barat, bahwa olah raga sepeda itu ternyata menyenangkan. Ya, seperti saat ini ada 10 pesepeda yang ikut,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, mengatakan, masyarakat di Padang menyambut dengan senang hati adanya start Gowes Nusantara 2019 di kawasan GOR Agus Salim Padang.

Selama ini, cukup banyak masyarakat di Padang yang gemar berolah raga dengan sepeda. Hal ini karena banyak rute yang dapat dijadikan lokasi bersepeda bagi masyarakat.

“Jadi Gowes Nusantara 2019 ini, telah turut mengkampanyekan kepada masyarakat, perlu juga meniru gaya hidup sehat melalui olah raga bersepeda. Seperti jadi style-nya sekarang, mulai dari yang muda hingga ke bapak-bapak yang memiliki usia tidak muda lagi,” sebutnya.

Menurut Mahyeldi, olah raga dapat menyatukan kebhinekaan di Indonesia. Karena yang gemar berolah raga dengan sepeda tidak hanya sekelompok orang saja, tapi melihat peserta Gowes Nusantara 2019 yang mencapai 10 ribu, membuktikan kegiatan tersebut telah menyatukan masyarakat Indonesia dari Sabang – Merauke.

Dengan dijadikannya Kota Padang sebagai lokasi start Gowes Nusantara 2019, peserta sebanyak 10 ribu orang akan melakukan tour ke sejumlah lokasi di Kota Padang. Seperti dari lokasi start menuju Jalan Khatib Sulaiman Padang, berputar melihat lokasi wisata Pantai Padang, melalui Jembatan Siti Nurbaya, lalu lanjut ke kawasan Kampung Pondok yakni lewati Klenteng.

“Jadi, di Kota Padang para peserta Gowes Nusantara akan melintasi lokasi wisata yang ada di Kota Padang ini,” sebut Mahyeldi.

Lihat juga...