Rutan Terbakar, 52 Napi Dititipkan di Polres Simeulue

257

BANDA ACEH – Kepala Rumah Tahanan Simelue, Suparman, menyebutkan sebanyak 52 narapidana dititip sementara di polres setempat menyusul kebakaran yang ikut menghanguskan sejumlah sarana rutan, Minggu.

“Saat ini kami sudah evakuasi 52 napi yang turut dibantu aparat keamanan ke Polres Simeulue setelah kebakaran terjadi. Dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa,” katanya di Simeulue, Minggu.

Ia menyebutkan, total napi di Rutan Simeulue sebanyak 82 orang. Sebanyak 52 orang dievakuasi ke polres, sementara lainnya masih di rutan karena hunian masih bisa dipakai.

Adapun ruangan yang terbakar tersebut, di antaranya satu kamar hunian wanita, dua kamar hunian pria, ruang pustaka, dan kerusakan kantor sekitar 50 persen.

“Kami sudah melaporkan kejadian ini ke provinsi dan juga pusat. Besok tim dari provinsi dan juga pusat akan ke Simeulue,” katanya.

Untuk sejumlah sarana yang dilalap si jago merah tersebut, dia telah berinisiatif membangun kembali seperti tembok keliling yang terbuat dari seng dan sejumlah hunian yang dapat difungsikan kembali.

“Kemungkinan besok napi yang dititipkan di polres akan kami jemput untuk dibawa kembali ke rutan dan dalam musibah kebakaran ini tidak ada napi yang kabur,” katanya.

Untuk pelayanan, kata dia, tetap berjalan dengan baik dan pihaknya terus melakukan pengawasan yang ikut difasilitasi oleh aparat kepolisian setempat.

Kebakaran tersebut juga ikut menghanguskan 24 dari sekitar 28 rumah toko di Kota Sinabang. (Ant)

Lihat juga...