Sandiaga Ingin Pengusaha Lokal Jadi Tuan di Negeri Sendiri

Editor: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Era revolusi industri 4.0 merupakan era kolaborasi dengan pendekatan holistik untuk kesejahteraan rakyat. Setiap potensi diberdayakan, mulai dari pertanian hingga berbagai usaha kecil, menengah, agar mampu mandiri. Bahkan, mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Sandiaga Uno menyampaikan hal itu saat mengunjungi Rumah Siap Kerja yang berkolaborasi dengan program OK OCE wilayah Kabupatan Sleman, di Cengkir Heritage Resto and Coffee, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Sabtu (23/3/2019).

Menurut Sandiaga, era revolusi industri 4.0 akan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat luas, jika semua potensi yang ada dikelola dengan benar. Intinya, kolaborasi.

“Rumah Kerja dan OK OCE adalah kolaborasi. Kita banyak potensi, pertanian, kuliner, fashion. Nanti kita bantu pemasaraan. Kita ingin pengusaha kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga mengatakan, ia telah berkeliling daerah ke hampir 1.500 lokasi. Dari kunjungan itu, ia mendapati begitu banyak generasi muda, baik tamatan SMK hingga sarjana yang masih menganggur.

Sandiaga Uno berdialog dengan warga – Foto: Jatmika H Kusmargana

Menurutnya, 7 juta pengangguran saat ini didominasi oleh kalangan usia muda. Karena itu, ia mengajak kepada kaum muda milenial untuk bergabung dalam program OK OCE, mengasah jiwa kewirausahaan dan menciptakan lapangan kerja sendiri.

Sandiaga juga mengajak kepada kaum muda untuk memanfaatkan Rumah Siap Kerja yang berkolaborasi dengan program OK OCE tersebut.

Ia menjelaskan, Rumah Siap Kerja adalah link and match. Sebuah wadah pelatihan bagi kaum muda. Nantinya, Rumah Siap Kerja akan memberikan konsultasi, pelatihan dan pendampingan bagi generasi muda siap kerja.

Sandiaga berharap, program OK OCE akan mampu memberikan kesejahteraan. Melalui Rumah Siap Kerja, Sandiaga juga menargetkan terciptanya 2 juta pengusaha baru, sekaligus mengurangi 2 juta orang pengangguran.

Lihat juga...