Sate Buah Labu, Kreasi Sate Padang Era Kini

Editor: Satmoko Budi Santoso

207

PADANG – Sate Padang terkenal dengan rasa pedas khas dan rasa daging yang empuk. Ternyata kini lahir  kreasi baru, yang menggunakan bahan utama berbeda dari sate pada umumnya.

Ya, kini ada sate yang lagi hits di Padang yakni Sate Labu. Sate ini secara umum masih sama dengan Sate Padang lainnya, yaitu ada rasa pedas, menyediakan daging sapi, dan goreng bawang merah.

Namun perbedaan dalam Sate Labu ini, mengurangi menggunakan tepung, dan menggantikannya menggunakan buah labu.

Buah labu jika dimakan rasa yang dinikmati itu memiliki rasa agak sedikit tawar. Ternyata, bagi Musri pencentus rasa sate dari buah labu ini, mampu mengubah rasa tawar menjadi rasa pedas yang khas, dan tidak sedikit pun mengeluarkan aroma buah labunya.

Musri menjelaskan, lahirnya Sate Labu itu, berawal dari ide untuk membuat makanan yang lebih menyehatkan. Karena selama ini, rasa sate yang didominasi menggunakan tepung, dinilai agak kurang sehat. Untuk itu,  labu memiliki kandungan kesehatan yang baik.

Ia menyebutkan, dari informasi yang ia peroleh, di dalam buah labu memiliki vitamin A dan beta karoten. Beta karoten adalah pigmen warna kuning oranye yang jika dicerna di dalam tubuh, akan berubah menjadi vitamin A.

Untuk fungsi vitamin A dan beta karoten antara lain berguna bagi kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh serta reproduksi. Selain itu, zat gizi ini mempunyai manfaat sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.

Menurutnya, salah satu alasan memilih buah labu jadi kuah sate, karena kelebihan lain dari labu adalah kandungan seratnya tinggi, bermanfaat mengurangi risiko sembelit. Di samping itu, kandungan lemak labu juga rendah sehingga tak perlu takut balita mengalami kegemukan asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

“Dikarenakan khasiatnya itu, saya pun mencoba untuk mencampur ke dalam kuah sate. Ternyata enak, buktinya banyak masyarakat yang suka dengan Sate Labu saya ini,” katanya, Sabtu (16/3/2019).

Lalu bagaimana dengan cara untuk membuat kreasi Sate Labu ini, Musri menyebutkan, bumbu yang digunakan mengurangi campuran tepung dan mencampuri Labu dengan cabai giling. Lalu, dicampuri kacang tanah dan ditaburi bawang goreng. Kalau dagingnya pasti menggunakan daging sapi.

Untuk itu, Musri mengklaim, meski satenya terbuat dari buah Labu, bukan berarti rasa satenya manis seperti buah Labu. Tapi bahkan Sate Labu ini tak kalah pedas dengan rasa sate Minangkabau pada umumnya. Jika dicicipi, bisa dikatakan hampir tidak terasa buah Labunya.

Sate Labu ini disebut sebagai sate satu-satunya yang ada di Sumatera Barat bahkan di Indonesia. Tujuan Musri melahirkan rasa Sate Labu ini, dinilai lebih menyehatkan, ketimbang lebih banyak menggunakan tepung. Buah Labu memang terbukti memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Salah seorang penikmat Sate Labu, Aurel, mengatakan, awalnya agak aneh untuk mencoba mencicipi Sate Labu itu. Namun nyatanya setelah dimakan, lezat juga. Rasa pedas dan taburan goreng bawang serta kacang membuat rasa Sate Labu benar-benar lezat.

“Saya memang baru menikmati Sate Labu ini. Saya senang ada kreasi sate ini, setidaknya dapat bertukar rasa dari Sate Padang pada umumnya,” sebutnya.

Baca Juga
Lihat juga...