Satgas Pamtas RI-PNG Latih Pelajar Perbatasan Kedisiplinan

206
Personel Yonif PR 328/DGH sedang melatih PBB kepada pelajar SD Inpres Arso 8, Kabupaten Keerom, Papua (Dokumen Yonif PR 328/DGH)

JAYAPURA — Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-Papua Nugini (PNG) dari Yonif PR 328/DGH melatih kedisiplinan kepada pelajar SD Inpres Arso 8, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua

“Kedisiplinan merupakan salah satu faktor penting dalam meraih kesuksesan, apalagi jika dilatihkan sejak usia dini,” kata Serka Fadlan, personel Pos Kout KM 31 Yonif PR 328/DGH ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Kamis (14/3/2019).

Pentingnya menanamkan sifat disiplin, kata dia, menjadi salah satu tujuan dari latihan yang diberikan oleh personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif PR 328/DGH Pos Kout KM 31.

“Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan sifat kedisiplinan, seperti mengajarkan murid-murid SD Inpres Arso 8 baris berbaris.,” katanya.

Menurut dia, sikap disiplin bisa diajarkan dengan cara bersikap sempurna, sikap istirahat, penghormatan sehingga dari latihan tersebut timbul kedisiplinan.

“Dalam peraturan baris berbaris atau PBB, itu dilatih bagaimana sikap bersiplin, nah ini yang kami berikan kepada pelajar SD Inpres Arso 8,” kata Fadlan.

Kepala SD Inpres Arso 8, Ferdinand menilai kegiatan melatih kedisiplinan itu sama sekali belum pernah dilatihkan oleh guru-guru yang lain.

“Kami sangat berterima kasih dengan personel Satgas, kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting untuk membangun karakter murid-murid kami sejak dini. Ini tidak dapat kami ajarkan kepada murid kami karena memang kami sendiri kurang akan pengetahuan kedisiplinan sehingga kami bersyukur ada personel Satgas yang melatihkan murid kami,” Ujar Ferdinand. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...