Senam Prolanis, Deteksi Dini Penyakit Kronis

Editor: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Cegah penyakit kronis di usia senja, Puskesmas dan PKK di Kelurahan Bintara Jaya, Bekasi, Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, secara rutin menggelar Pekan Olahraga Lansia (Prolanis) setiap Jumat.

Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi penderita penyakit kronis. Agar mencapai tujuan hidup optimal.

“Setiap Jumat, Prolanis dilaksanakan di depan kantor Kelurahan Bintarajaya, Bekasi Barat. Ada 70-an peserta lansia yang ikut Prolanis,” kata Samnah, penggerak masyarakat senam Prolanis kepada Cendana News, Jumat (1/3/2019).

Samnah penggerak senam juga ibu PKK kelurahan Bintarajaya – Foto: Muhammad Amin

Dikatakan, senam prolanis berbeda dari senam kebanyakan. Di prolanis, imbuhnya, gerakan-gerakan senamnya lebih lembut sehingga penderita penyakit kronis bisa ikut secara perlahan dan mampu menjaga kesehatan tubuh serta mencegah penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes melitus serta jantung.

“Manfaatnya untuk deteksi penyakit kronis pada Lansia di Bintarajaya,” tandas Samnah.

Disamping itu, lanjutnya, setelah pelaksanaan Senam Prolanis, akan ada pemeriksaan kesehatan, tensi, cek gula darah, asam urat, kolestrol, secara gratis yang dilakukan tim medis di Puskesmas Bintarajaya.

Menurutnya, penderita penyakit kronis seperti diabetes melitus tidak banyak. Tetapi penderita penyakit kronis memang ada. Senam prolanis bisa juga difungsikan sebagai penjaga stamina, selain mencegah terkena penyakit kronis atau mencegah lebih parah lagi.

“Selesai senam, anggota PKK langsung melakukan konseling lingkungan, mendatangi rumah warga yang menderita hipertensi, diabetes melitus,” pungkasnya, sembari menegaskan konseling untuk memberi semangat penderita penyakit kronis.

Lihat juga...