Singkirkan Rennes, Arsenal ke Perempat Final Liga Eropa

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

215
Gaya selebrasi unik Aubameyang mengenakan topeng black panther usai membobol gawang Rennes. Foto: @Arsenal

LONDON — Pierre-Emerick Aubameyang mencetak dua gol dan menginspirasi lahirnya gol ketiga untuk memastikan kemenangan 3-0 Arsenal atas Rennes pada leg kedua babak perdelapan final Liga Eropa di Emirates, Jumat pagi. Kemenangan membuat The Gunners melenggang ke perempat final dengan keunggulan agregat 4-3.

Mengawali leg kedua, Arsenal menanggung beban yang cukup berat setelah menelan kekalahan 1-3 di leg pertama. Namun agregat menjadi imbang 3-3 setelah The Gunner menceploskan dua gol ke gawang Rennes pada 15 menit awal laga. Aubameyang mencetak gol kedua dan memastikan keunggulan agregat menjadi 4-3.

Arsenal menjadi tim kedua dalam Liga Eropa yang berhasil comeback setelah tertinggal 1-3 di leg pertama. Tim pertamanya adalah Fulham saat kontra Juventus pada 2010 silam.

Aubameyang membuka harapan dengan mencetak gol cepat ke gawang Rennes. Memanfaatkan umpan silang Aaron Ramsey yang berkolaborasi apik dengan Maitland-Niles, eks striker Dortmund mengirim bola ke arah gawang dan membuat The Gunner leading di menit ke-5.

Selanjutnya Maitland-Niles mempunyai banyak ruang di sisi kanan dan sukses memaksimalkan umpan silang Aubameyang dengan sundulan kepala. Bola melesat melewati Tomas Koubek hanya berselang 10 menit dari gol pertama.

Arsenal kian bersemangat mengejar gol ketiga. Sementara Rennes terus mencoba mencari ritme untuk mengimbangi permainan tuan rumah. Sayang tidak ada gol tambahan hingga turun minum.

Usai jeda, Rennes memberi ancaman serius bagi Arsenal melalui Ismaila Sarr, namun belum berbuah gol. Ancaman berlanjut melalui Sarr dan Ramy Bensebaini.

Dua pergantian pada 20 menit sisa laga berdampak besar bagi The Gunner. Henrikh Mkhitaryan masuk menggantikan Mesut Ozil dan Alex Iwobi menggantikan Alexandre Lacazette satu menit kemudian.

Iwobi langsung memberi ancaman tapi tembakannya masih melebar dari gawang Koubek. Mkhitaryan tak kalah impresif memberi ancaman bagi pertahanan Rennes. Mkhitaryan kemudian mengirim umpan pada Kolasinac yang meneruskannya pada Aubameyang sebelum dituntaskan dengan sentuhan akhir yang cukup simple oleh striker asal Gabon tersebut.

Dua peluang emas yang lahir kemudian disia-siakan Aubameyang. Demikian pula percobaan Ramsey masih belum berbuah tambahan gol. Beruntung Rennes gagal menciptakan ruang untuk mencetak gol.

Baca Juga
Lihat juga...