Taman Safari Ini Punya Ragam Hewan Langka

Editor: Satmoko Budi Santoso

202

GIANYAR – Jika Anda sedang pelesir ke Pulau Bali, pasti tujuan pertamanya adalah pantai. Tapi jangan salah, di Bali tepatnya di Kabupaten Gianyar terdapat destinasi wisata edukasi. Dibangun di atas lahan 42 hektare, Bali Safari and Marine Park seolah menjadi tempat liburan yang sangat pas untuk keluarga.

Di tempat ini, anak-anak akan bisa diajak untuk berinteraksi lebih dekat dengan hewan-hewan langka yang menjadi koleksi taman safari tersebut.

Benar saja, banyak hewan langka ditemukan di tempat ini. Seperti gajah, harimau, kuda nil dan lain sebagainya.

Ketut Suardana, Operasional Manager menjelaskan, Bali Safari and Marine Park yang juga kerap disebut dengan nama Taman Safari III Bali ini, menyimpan berbagai jenis satwa langka.

Taman safari ini menjadi rumah untuk hewan-hewan langka yang berasal dari dua benua, yakni Asia dan Afrika.

Ketut Suardana Operasional Manager Bali Safari and Marine Park.-Foto: Sultan Anshori.

Menurutnya, terdapat ratusan ekor hewan dari 90 spesies. Termasuk di antaranya adalah hewan langka Indonesia seperti harimau Sumatera, burung hantu, jalak putih, buaya dan lain-lain.

Dan yang terbaru, tempat konservasi ini menambah dua koleksi hewan langka, yaitu bekantan dan drill. Kesemuanya merupakan hewan endemik asal pulau Kalimantan.

“Di sini kami perlakukan hewan dengan baik, karena di sini kami terapkan sistem konservasi. Jadi hewan tidak kami kerangkeng, melainkan dilepasliarkan sesuai dengan habitat aslinya,” ucapnya, Minggu.

Ketut Suardana menambahkan, untuk tingkat kunjungan wisatawan yang berkunjung ke wahana ini, lebih banyak wisatawan asal Australia, China dan Eropa. Dengan estimasi kunjungan di tahun 2018 kemarin sebanyak 450.000 orang.

Tahun ini, pihaknya menargetkan kunjungan menjadi 500.000 orang. Bahkan untuk terus memanjakan para tamu yang datang, pihaknya akan kembali menambah wahana baru, yaitu wahana marine park. Wahana ini akan dibangun di atas lahan seluas dua hektare.

“Tahun ini kami segera akan merilis wahana baru, yaitu Marine Park. Wahana ini akan ditempati dolphin dan penguin,” imbuh Ketut Suardana.

Morphy, salah seorang wisatawan asal Amerika, mengaku senang bisa berlibur bersama keluarganya di Taman Bali Safari Marine Park. Menurutnya, koleksi hewan sangat lengkap. Selain itu, ia melihat hewan-hewan juga dirawat dengan cukup baik.

Pria yang baru pertama kali berlibur ke Bali ini juga mengaku sudah keliling berbagai wahana. Seperti melihat gajah, ular, harimau khas Indonesia dan tentunya Singa Afrika.

“Ini sangat menakjubkan, saya suka bertamasya ke tempat ini bersama keluarga saya,” ujar Morphy.

Pria beranak satu ini berharap, agar pihak manajemen merawat hewan yang ada dengan baik. Agar ke depan mereka bisa kembali dilepas ke habitat aslinya.

Baca Juga
Lihat juga...