hut

Timnas Inggris Cukur Republik Ceko 5-0

JAKARTA — Tim nasional Inggris dan juara dunia Prancis membuka babak kualifikasi Euro 2020 dengan percaya diri setelah mencetak kemenangan telak pada laga pembukaan Jumat malam (Sabtu pagi WIB).

Di Stadion Wembley, Inggris menang 5-0 atas Republik Ceko, Raheem Sterling mencetak trigol di laga Gurp A itu, sedangkan di Grup H Prancis berhasil menaklukkan tuan rumah Moldova 4-1.

Pemain Inggris yang sedang naik daun, Jadon Sancho mendapatkan kesempatan main sejak awal. Gareth Southgate menurunkan pemain Borussia Dortmund untuk menyusul cederanya Marcus Rashford.

Raheem Sterling menjadi bintang kemenangan Inggris, pemain Manchester City itu mencetak trigol pertamanya bersama tim nasional Inggris.

Inggris membuka keunggulan pada menit ke-24 saat Harry Kane melepaskan operan kepada Sancho yang bergerak di sisi kanan, ia lalu mengirim umpan ke depan gawang dan dituntaskan oleh Sterling.

Pada masa injury time, Inggris mendapat penalti setelah Sterling dilanggar oleh Pavel Kaderabek. Kane yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya untuk membawa Inggris unggul 2-0.

Inggris tampil luar biasa dan menambah gol pada menit ke-62 setelah menerima bola dari Kyle Walker, Sterling melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kiri.

Sterling mencetak gol ketiganya pada menit ke-68 melalui tembakan dari pinggir kotak penalti. Tendanganya sempat membentur Celutska sebelum masuk ke gawang.

Inggris memantapkan kemenangannya menjadi 5-0 pada menit ke-84, berawal dari tusukan pemain Chelsea Callum Hudson-Odoi dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Sepakannya ditepis oleh Jiri Pavlenka, tapi bola terpental lalu mengenai Tomas Kalas sebelum masuk ke gawang.

Dengan hasil ini, Inggris untuk sementara memuncaki klasemen Grup A dengan tiga poin. Sedangkan Republik Ceko ada di dasar klasemen.

Sementara tu di Grup H Prancis yang masih diperkuat bintang-bintang Piala Dunia 2018, langsung memimpin klasemen dengan kemenangan tersebut.

Gol-gol Prancis dicetak Antoinne Griezmann menit ke-24, Raphael Varane (27), Olivier Giroud (36) dan Kylian Mbappe menit ke-87. Gol hiburan bagi tuan rumah Moldova terjadi pada menit ke-89 oleh Vladimir Ambros. (Ant)

Lihat juga...