YKI Gianyar Gelar Pemeriksaan Gratis Kanker Serviks

Editor: Koko Triarko

225

GIANYAR – Berdasarkan data di YKI Cabang Gianyar, jumlah penderita kanker serviks menurun signifikan. Bahkan pada 2018, tidak ditemukan penderita atau kasus baru kanker serviks. Hal tersebut membuktikan kesadaran masyarakat akan deteksi dini sudah bagus. Meski demikian, Ketua YKI Cabang Gianyar, Ny. Ida Ayu Adnyani Mahayastra, menyatakan tak mau ambil risiko.

“Pap smear, IVA masih rutin dilakukan. Seperti saat ini, terkait peringatan HKG PKK ke -47 dan peringatan Hari Perempuan Sedunia, YKI mengadakan pemeriksaan pap smear gratis untuk anggota organisasi perempuan di Gianyar, seperti Darma Wanita Persatuan Kabupaten Gianyar, Gatriwara, PKK dan anggota Bhayangkari,” katanya, di sela kegiatan pemeriksaan di Poliklinik Kesehatan Perempuan AMAN, dalam rangka memperingati HKG PKK ke-47 dan Hari Perempuan Sedunia, di Lingkungan Kantor Pemkab Gianyar, Jumat (15/3/2019).

Tidak hanya itu, kata Adnyani Mahayastra, ke depan secara bertahap pap smear juga akan diberikan kepada anggota ASN dan pegawai di lingkungan Pemkab Gianyar.

“Kami akan berupaya bekerja sama dengan Laboratorium Prodia, agar kegiatan ini bisa rutin minimal tiga bulan sekali. Namun untuk roadshow YKI ke desa-desa, masih akan terus gencar dilakukan,” ujar Adnyani Mahayastra.

Sementara itu, Sekretaris YKI cabang Gianyar, Dewa Oka Harimbawa, SKM. M.Kes., mengatakan untuk kegiatan kali ini, pap smear diberikan pada sekitar 50 orang, namun untuk antisipasi disiapkan sekitar 100 sediaan. Selain pap smear, juga disediakan screening kesehatan, seperti pemeriksaan tensi, gula darah dan kolesterol.

“Jika dalam pemeriksaan ini, baik itu pap smear, atau pun screening kesehatan ditemui suatu kendala, dapat berkonsultasi langsung dengan para dokter di YKI,” pungkasnya.

Lihat juga...