hut

Yonif Raider 600/Modang Jaga Perbatasan RI-Malaysia

Editor: Mahadeva

BALIKPAPAN – Yonif Raider 600/Modang mulai dipersiapkan Kodam VI/Mulawarman untuk menjaga perbatasan Indonesia-Malaysia.

Yonif Raider Modang akan menggantikan Yonif Raider 613/Raja Alam, yang telah melaksanakan tugas penjagaan selama sembilan bulan.  “Personel harus melaksanakan latihan pratugas dengan serius dan bersungguh sungguh,” ungkap Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto, saat memberi pengarahan Pratugas Satgas Pamtas RI-Malaysia di aula Markas Yonif Raider 600/Modang, di Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Senin (18/3/2019).

Mayjen Subiyanto menyebut, dalam penugasan setiap personel TNI harus tetap menjaga faktor keamanan. Juga diminta bisa mengatasi situasi dan kondisi, yang terjadi di setiap pos pengamanan. Setiap anggota TNI juga diminta untuk menghindari terjadinya pelanggaran prajurit. Penugasan pamtas mengandung tantangan dan risiko, terutama apabila dihadapkan pada situasi seperti penyelundupan narkoba, penggunaan senjata api, termasuk perlawanan hingga terjadi kontak senjata.

“Para prajurit agar melaksanakan latihan guna meningkatkan naluri tempur yang mumpuni dan membiasakan diri dengan pelaksanaan tugas di pos perbatasan, sesuai kondisi wilayah dimana pos tersebut berada. Selalu waspada dalam penugasan menjadi hal yang penting untuk dipedomani semua prajurit,” ujar Pangdam VI/Mulawarman.

450 prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamtas Indonesia-Malaysia, telah dibekali berbagai kemampuan. Termasuk menjadi tenaga pengajar atau pendidik di pedalaman dan perbatasan. Beberapa pengetahuan dalam menangani pelintas batas illegal, penyelundupan narkoba dan kemampua lain diberikan agar tidak terjadi kesalahan prosedur dalam melaksanakan tugas tersebut di lapangan.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!