hut

Anies Imbau Warga Jakarta Gunakan Hak Pilih

Editor: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah menggunakan hak suaranya di TPS 60 Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan.

Usai menggunakan hak pilihnya, Anies mengimbau kepada warga Jakarta untuk memanfaatkan momen Pemilu 2019 dengan sebaik-baiknya sebagai bagian memilih wakil-wakil yang mewakili aspirasi masyarakat.

“Alhamdulillah baru saja tadi menunaikan hak sebagai warga negara untuk ikut mencoblos di TPS 60 di kelurahan Cilandak Barat. Saya mengimbau kepada semua untuk manfaatkan kesempatan ini dan ikut menentukan mereka yang mewakili kita sesuai dengan aspirasi kita,” ucap Anies, Rabu (17/4/2019).

Dia mengatakan, kesempatan ini harus dimanfaatkan untuk menentukan wakil sesuai pilihan masing-masing. Dia mengimbau masyarakat kembali bekerja serta menjaga kenyamanan dan ketertiban Indonesia setelah Pemilu 2019.

“Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk ikut tentukan mereka-mereka yang akan mewakili kita sesuai aspirasi kita setelah selesai nyoblos,” ungkapnya.

Selain itu juga berharap, proses Pemilu 2019 berjalan lancar dari mulai pencoblosan hingga nanti penghitungan suara, sehingga tercipta suasana yang nyaman dan tertib di Ibu Kota pascaPemilu.

“Setelah selesai nyoblos, pulang ke rumah masing-masing, seperti biasanya, dan pantau hasilnya. Sesudah itu kita kerja kembali seperti peran kita masing-masing untuk membuat suasana di Ibu Kota nyaman, tertib, dan aman,” ujarnya.

Kemudian orang nomor satu di Ibu Kota Jakarta itu memaparkan, pada momen Pemilu 2019 ini seluruh tempat hiburan yang dikelola Pemprov DKI Jakarta akan mulai buka pada pukul 13.00 WIB dengan dilengkapi potongan harga tiket masuk, bahkan gratis.

Seperti masuk Taman Margasatwa Ragunan dan museum di Jakarta. Sehingga, hal tersebut dapat dimanfaatkan warga usai pencoblosan.

“Semua tempat hiburan yang dikelola Pemprov baru buka jam 1. Tujuannya, agar para petugasnya dapat menggunakan hak pilihnya. Dan bagi masyarakat yang selesai nyoblos, itu ada kegiatan di siang hari. Kita berikan diskon untuk masuk ke tempat-tempat hiburan,” tandasnya.

Diketahui, Anies datang ke TPS 60 bersama Ibunya Aliyah Rasyid, istrinya Fery Farhati Ganis, kedua anaknya Mikail Azizi Baswedan dan Mutiara Annisa Baswedan serta saudara kandungnya, Abdilah Baswedan beserta istri.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu nyoblos mengenakan baju putih. Anies menjelaskan dengan warna pakaian yang dipakainya itu untuk menunjukkan dirinya netral.

“Kita tahu bahwa saat ini anjuran menggunakan baju putih dari dua-duanya, kita gunakan baju putih itu,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, pemakaian baju putih ini sudah menjadi tradisi. Dia mengenakannya terakhir ketika pencoblosan Pilkada DKI Jakarta pada 2017.

“Rasanya memang dari dulu. Ingat tidak ketika pilkada pakai baju apa nyoblosnya? Putih. Jadi bukan sesuatu yang baru, dari dulu kita selalu nyoblos baju putih, on record,” ungkapnya.

Sementara, putra kedua Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yaitu Mikail Azizi Baswedan ternyata baru pertama kali memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019.

Mikail bercerita saat Pilkada 2017, dirinya hampir bisa menggunakan hak suaranya. Namun sayangnya dia baru berusia 17 tahun satu minggu setelah hari pemungutan suara.

“Jadi seminggu sebelum aku umur 17 tuh pas Pemilihan Gubernur, dan pada saat itu aku juga lagi di luar negeri jadi nggak bisa,” ungkapnya.

Dia mengakui, Pemilu 2019 menjadi pengalaman yang sangat menarik untuk mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM).

“Ini adalah kali pertama untuknya. Sekarang pas nyoblos itu malah deg-degan karena ngerasa agak lebai (berlebihan) sih. Tapi merasa bertanggung jawab gitu, karena ini kan untuk negara. Terus satu suara memang berharga,” terang Mikail.

Kemudian dia mengaku puas dengan empat surat suara yang dicoblosnya. Dia mengaku pilihannya adalah murni tidak ada paksaan dari siapa pun.

“Bapak bebasin kok, tapi ya diskusi tetap, kenapa ini, kenapa itu, tapi pada akhirnya tetap dibiarin karena hak pilih milik kita kan masing-masing,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anies pun bangga terhadap semangat dan antusiasme kedua anaknya yang sudah bisa memilih. Dia pun mengaku sempat mendiskusikan sedikit para kandidat politik.

“Ini pengamalan baru khusus dia (Mikail) datang dari Yogya ke sini untuk nyoblos tadi malam pulang. Ya pagi kami diskusi Pilpres dan Pileg sarapan pagi sambil diskusi,” tutur Anies.

Diketahui, di TPS 60 terdapat 295 pemilih terdiri dari 145 pemilih laki-laki dan 150 pemilih perempuan.

Sebelumnya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku, setelah mencoblos berencana memantau situasi pelaksanaan pesta demokrasi di Jakarta.

“Habis itu langsung monitor situasi di Jakarta,” tutupnya.

Lihat juga...