Anies Pantau TPS di Tiga Kawasan DKI Jakarta

Editor: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, serta Penyelenggara Pemilu 2019 (KPU dan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta) melakukan monitoring atau pemantauan Tempat Pemungutan Suara (TPS) ke sejumlah TPS di wilayah Ibu Kota Jakarta, pada Rabu (17/4/2019).

Setelah melakukan pemantauan, Anies menegaskan, pelaksanaan Pemilu 2019 serentak di wilayah Jakarta berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah sejauh ini kita mendengar kabar pelaksanaan berjalan dengan baik, seluruh jajaran kita ada di setiap TPS, 29.000 lebih TPS di Jakarta. Kondisi TPS baik, dan tidak ada keluhan apa-apa. Tadi saya bicara dengan Forkopimda, dari Kepolisian, TNI, BIN Daerah, semua melaporkan kondisinya teduh, tenang, dan nyaman,” kata Anies di Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur.

Anies mengatakan, tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi di atas rata-rata 70 persen hingga di atas 80 persen. Dia berharap, penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan baik dan lancar hingga tuntas.

“Jadi kita senang masyarakat antusias mendapatkan haknya untuk ikut menentukan para wakil rakyat dan pimpinan negara. Nanti kita tunggu hasilnya, mudah-mudahan sampai tuntas semuanya berjalan lancar,” katanya.

Anies turut mengapresiasi antusiasme masyarakat Jakarta dalam memanfaatkan hak pilihnya dengan baik. Diharapkan, keseluruhan proses Pemilu serentak di Jakarta dapat berjalan dengan lancar dan tuntas hingga penghitungan suara.

“Saya tadi mampir di lebih dari 3 lokasi TPS di Taman Suropati ada empat lokasi, di Lapas Rutan Salemba, dan di Berlan yang dikonsentrasikan cukup banyak. Nah di semua tempat, partisipasinya cukup tinggi. Jadi, kita senang, masyarakat antusias memanfaatkan haknya untuk ikut menentukan para wakil rakyat dan pimpinan negara ini. Kita tunggu hasilnya, semoga sampai tuntas penghitungan, semuanya berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Sampai sejauh ini, pihaknya belum mendapatkan keluhan apa pun dari warga terkait kondisi TPS maupun pelaksanaan proses pemungutan suara di TPS.

“Sejauh ini enggak ada keluhan apa-apa. Prinsip saya kalau sudah seperti ini, artinya semua berjalan dengan baik,” tukas Anies.

Orang nomor satu di ibu kota DKI itu turut mengajak masyarakat umum yang telah menggunakan hak pilihnya untuk memanfaatkan tempat-tempat wisata yang dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta bersama keluarga.

Terdapat potongan harga hingga gratis tiket masuk ke sejumlah tempat wisata di bawah pengelolaan Pemprov DKI Jakarta yang dapat dimanfaatkan warga dengan menunjukkan bukti telah mencoblos (tinta ungu pada jari). Di antaranya, Taman Margasatwa Ragunan, museum, dan Ancol.

“Tujuannya, semua yang bekerja bisa mencoblos, dan masyarakat pun menggunakan tempat hiburan itu bukan di saat sedang melaksanakan pemilu, karena itu baru dibuka jam 1. Harapannya, semua memanfaatkan kesempatan untuk mencoblos, baru kemudian ke lokasi hiburan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jakarta Timur, Suhanda, mengatakan ada 2.246.279 DPT di wilayahnya. Dia mengatakan di bilik suara masing-masing warga mengisi surat suara sekitar 1 menit hingga 3 menit per orangnya.

“Jakarta Timur ada 2.246.279 (DPT), masyarakat mencoblos butuh waktu antara 1 menit sampai 3 menit,” katanya.

Sebelum ke Matraman, Anies juga sempat mengunjungi dua lokasi TPS, yaitu TPS Taman Suropati dan TPS di Rutan Salemba.

Anies menjelaskan, sebelumnya dia memantau pemungutan suara di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat dengan lebih dari tiga TPS. Kemudian Anies dan rombongan melanjutkan pemantauan ke Rumah Tahanan (Rutan) Salemba dengan jumlah pemilih sebanyak 1.476 orang yang tersebar di tujuh TPS.

Anies mengakhiri perjalanan pantauan penyelenggaraan pesta demokrasi di Kelurahan Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur. Dalam satu kawasan yang ia kunjungi terdapat sembilan TPS.

Anies menyebut, sejauh ini juga tidak ada keluhan. Menurutnya, saat ini masyarakat dapat dengan mudah merekam kejadian, sehingga laporan apa pun bisa melalui teknologi.

Lihat juga...