Banjir Jakarta, Anies: Semua Sedang Bekerja di Lapangan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan telah memerintahkan Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Mattali dan Wali Kota Jakarta Timur M Anwar untuk terus bekerja mengatasi banjir kiriman.

“Kalau pagi tadi, dari Selatan wakil dan wali kota juga tidak ada, karena semua sedang bekerja di lapangan,” kata Anies di Dinas Teknis Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Penyiagaan itu, kata Anies, dengan menempatkan jajarannya di tepian sungai yang berpotensi mengalami banjir terjadi sejak Kamis malam, 25 April 2019.

Orang nomor satu di Jakarta menjelaskan, saat mendapat kabar Bendungan Katulampa di Bogor berstatus siaga satu, dia segera mengerahkan jajarannya untuk melakukan tindakan pencegahan.

“Kami sudah bergerak sepanjang malam, semua bersiaga di tepi sungai, tempat-tempat yang berpotensi terkena limpahan banjir kiriman ini,” kata Anies.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Dinas Teknis Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Foto: Lina Fitria

Selain kedua Wali Kota wilayah tersebut, Anies juga merintahkan Unit Pelaksana Kerja (UPK) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Dia menyampaikan bahwa sudah kerahkan 15 unit truk untuk mengangkut sampah yang menumpuk di pintu air Manggarai. Sampah disebut sudah menumpuk sejak dua hari lalu, Rabu (24/4/2019).

Dikatakan, dengan pembangunan dua waduk kering di Ciawi diharapkan bisa mengurangi atau setidaknya mengatur volume air yang mengalir hingga ke Jakarta.

“Sedang membangun Dam Dry di hulu ada dua bendungan, insyaallah selesai Desember tahun ini,” ujar dia.

Dia menjelaskan, sebelum pembangunan dua bendungan itu selesai maka limpahan air Jakarta masih tinggi volumenya. Padahal,tidak ada hujan di Jakarta yang bisa menyebabkan banjir.

“Ini adalah contoh situasi banjir karena kiriman dari selatan,” tutur Anies.

Lihat juga...