hut

Basarnas Lanjutkan Pencarian Nelayan yang Hilang di Perairan Tutupa

Ilustrasi (Ant)

TERNATE – Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) masih melakukan pencarian terhadap Asmar (40 tahun), warga Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang terjatuh saat memancing di perairan Tutupa, Minggu (21/4/2019).

Kepala Basarnas Ternate, M Arafah, mengatakan, pencarian yang dilakukan dari pagi hingga sore hari pukul 17.30 WIT, masih belum membuahkan hasil. Selanjutnya Tim SAR gabungan kembali ke posko untuk melaksanakan evaluasi dengan hasil pencarian di hari kelima yang masih nihil.

Selain itu, informasi juga telah disampaikan kepada kapal-kapal dan nelayan, apabila melintas di area tersebut dan menemukan korban, agar secepatnya melapor ke Basarnas. Pencarian hari ke-lima dimulai Pukul 07.30 Wit. Tim SAR gabungan dibagi menjadi dua SRU, sesuai dengan rencana operasi yang telah dibuat. SRU satu melakukan penyelaman di titik koordinat 00°41’15°S / 127°49’01T, dengan teknik penyapuan di sekitar karang yang berada di depan LKP.

Sedangkan SRU dua, melaksanakan pencarian di sepanjang pantai tutupa Bacan, Halmahera Selatan hingga diperluas sejauh dua NM. Tim dua terdiri dari masyarakat dan team rescue Basarnas. Pencarian akan terus dilakukan sampai batas waktu yang telah ditentukan, yakni selama tujuh hari sesuai dengan standar operasi SAR. Apabila tidak juga membuahkan hasil, akan dilakukan evaluasi dan rencana selanjutnya. (Ant)

Lihat juga...