hut

Bedah Rumah dan Warung Berdayakan Warga Miskin

Editor: Koko Triarko

MALANG – Program Desa Mandiri Lestari (DML) yang digagas Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri), memberikan perubahan mendasar bagi kehidupan warga di Kelurahan Kedungkandang, Kota Malang.

Salah satu bagian dari program tersebut adalah bedah rumah. Melalui program ini, Yayasan Damandiri tidak hanya merenovasi rumah tidak layak, namun juga memberikan bantuan berupa pendirian warung dan modal usaha bagi penerima manfaat.

Sholihah, salah satu penerima manfaat bedah rumah dan warung tersebut, mengaku tak pernah mengira akan memiliki sebuah warung untuk berjualan seperti saat ini.

“Dulu, saya hanya ibu rumah tangga dan tidak memiliki usaha. Tapi sekarang atas bantuan Damandiri, saya bisa mempunyai warung untuk berjualan,” katanya, sembari mengimbuhkan, di warungnya itu ia biasa menjual jajanan anak-anak dan gorengan.

Melalui usaha warungnya tersebut, Sholihah saat ini tidak hanya menjadi ibu rumah tangga, tetapi juga memiliki kegiatan produktif dengan berjualan, untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga.

Terlebih, lokasi warung yang berada di bagian depan rumahnya, memudahkan Sholihah untuk tetap bisa mengerjakan tugas sebagai seorang ibu rumah tangga.

“Alhamdulillah, hasil keuntungannya selain untuk kulakan barang lagi, bisa buat uang saku anak dan membayar sekolah,” terangnya.

Sementara itu, Manajer Umum Koperasi Unit Desa (KUD) Subur, Desa Mandiri Lestari Kedungkandang, Arif Adi Rendra, menyebut, Sholihah merupakan salah satu dari 10 warga lainnya yang rumahnya mendapatkan program bedah rumah sekaligus pendirian warung usaha.

Menurutnya, program bedah rumah DML tidak hanya sekadar untuk mempercantik rumah, tetapi juga menstimulus warga, agar lebih produktif.

“Dengan berdirinya warung DML, diharapkan warga bisa lebih semangat dan produktif lagi untuk mendapatkan penghasilan demi memenuhi kebutuhan sehari- hari mereka,” katanya.

Disebutkan, masing-masing penerima manfaat mendapatkan total bantuan sebesar Rp25 juta. Bantuan tersebut untuk merenovasi rumah sebesar Rp20 jutam dan sisanya digunakan untuk pembangunan warung dan modal usaha.

Lihat juga...