hut

Bekasi Mulai Menggelar Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan

Editor: Mahadeva

BEKASI – Pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan di Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai di laksanakan, Sabtu (20/4/2019).

Pleno digelar di sebelas tempat dari, 12 kecamatan wilayah setempat. “Pleno rekapitulasi, tingkat kecamatan dimulai di sebelas kecamatan. Satu kecamatan di Bekasi Timur baru mulai besok,” ungkap Komisioner Bawaslu Kota Bekasi, Choirunnisa, kepada Cendana News, Sabtu (20/4/2019) sore.

Untuk Kecamatan Bekasi Timur, belum menggelar pleno, karena menunggu pelaksanaan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL), yang digelar di salah satu TPS. PSL baru dilaksanakan pada Minggu (21/4/2019). Diakuinya dari beberapa Kecamatan yang menjadi wilayah pantauannya seperti di Kecamatan Jatiasih, Jatisampurna dan Pondok Melati, terjadi beberapa kendala untuk menggelar pleno. Hal tersebut terkait salinan C1, yang tidak diterima saksi.

Namun hal tersebut dapat diselesaikan dalam musyawarah mufakat. “intinya masih aman terkendali, pelaksanaan Pleno di tingkat kecamatan Kota Bekasi,” ujar Nisa.

Pantauan Cendana News, di beberapa Kecamatan, yang mulai melaksanakan pleno terbuka. Pelaksanaan pleno terlihat tertutup. Hanya beberapa orang saja yang dibolehkan masuk, baik ke dalam tenda atau pun dalam gedung.

Mereka yang hadir harus menunjukkan surat tugas dari masing-masing Tim Kampanye Daerah (TKD) atau Tim Kampanye Nasional (TKN). Terlihat pengawalan ketat baik dari kepolisian, TNI dan Satpol PP berjaga di lokasi pleno.

Pleno awal dilaksanakan pada perhitungan hasil Pemilihan Presiden. Setiap Kecamatan sudah membagi sekat setiap Kelurahan masing masing. Salah seorang petugas KPPS, Abdi, menyebut, penghitungan suara sangat rumit. “Bayangkan, pleno dimulai sekira pukul 11.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB dari 198 jumlah kotak suara yang akan kami hitung, baru selesai 20 kotak suara,” ujar Abdi

Dia mengaku keruwetan dalam pleno pehitungan tersebut karena harus mencocokan antara C1 Plano dan perhitungan sampai ke jumlah DPT dari masing-masing saksi.

Arwanto, Ketua PPK Bekasi Barat – Foto M Amin

Ketua PPK Kecamatan Bekasi Barat, Arwanto, mengaku tidak bisa memperidiksikan, kapan pleno ditingkat Kecamatan akan selesai. Namun demikian, petugas PPS dan saksi sudah menyepakati batas akhir pelaksanaan pleno hingga pukul 22.00 WIB.

“Kita sudah sepakati bahwa pelaksanaan pleno ini digelar hingga pukul 22.00 WIB, besok dilanjutkan lagi. Jadi kapan selesai belum bisa di prediksi, karena ini saja masih berlangsung tujuh jam, hanya selesai berapa kotak,” papar Arwanto.

Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tomy Suswanto, dikonfirmasi kesan pleno di masing masing kecamatan terkesan tertutup, Dia menegaskan bahwa pleno bukan tertutup. Hanya pihak berkepentingan saja yang diperbolehkan masuk, untuk melihat dari dekat proses perhitungan ditingkat kecamatan. “Itu kan perhitungan ada yang menggunakan tenda, jadi dibatasi, karena masing masing pendukung akan berkumpul melihat langsung proses perhitungan. Sementara tempatnya terbatas,” ujarnya.

Dia mengatakan boleh hadir melihat langsung proses pleno ditingkat kecamatan, tapi mereka hanya menyaksikan dari luar. Tomy mengaku hal tersebut dilakukan untuk menghindari halnyang tidak diinginkan.

Lihat juga...