Bendung Koja Jatiasih Darurat Sampah Bambu

Editor: Koko Triarko

BEKASI- Bendung Koja, Jatiasih, Kota Bekasi, kembali dipenuhi sampah bambu hingga menutup arus sungai. Tumpukan sampah tersebut untuk kesekian kalinya terjadi di wilayah tersebut, seakan tidak ada solusi. Sepanjang alur sungai banyak dipenuhi pohon bambu, yang memang sewaktu-waktu dapat tumbang dan hanyut.

“Memang sulit mengatasi sampah bambu. Karena hampir di sepanjang bantaran sungai Cikeas dipenuhi pohon bambu yang sewaktu-waktu dapat tumbang atau tergerus, dan hanyut bersama air sungai,” ujar Puarman Kahar, Ketua KP2C, saat mendampingi tim Katak LH Kota Bekasi, melakukan pembersihan, Minggu (7/4/2019).

Dikatakan, dalam giat bersih tumpukan sampah bambu yang terjadi di Bendung Koja, Jatiasih, tim Katak turut membersihkan posisi yang menjorok hingga ke kawasan perumahan Pondok Gede Permai (PGP) dan Villa Nusa Indah, untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat musim hujan, seperti sekarang.

Ketua KP2C, Puarman Kahar, -Foto: M Amin

Menurutnya, sampah bambu tersebut benar-benar menyumbat aliran air sungai, karena membentang menutupi badan sungai. Volume sampah diperkirakan mencapai 800 meter kubik. Untuk sementara hanya diangkat dan diletakkan di badan kali, nanti diangkut tim untuk dibuang ke TPA.

“Kami berterimakasih, tim Katak LH Kota Bekasi cepat tanggap, begitu ada laporan langsung turun untuk melakukan pembersihan,” tandasnya.

Puarman mengaku, giat pembersihan tumpukan sampah bambu di Kali Koja, sudah dilaksanakan sejak Sabtu (6/4) hingga Minggu (7/4) ini.

Ada 16 personel pasukan Katak di bawah naungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi, Jawa Barat,
membersihkan sampah bambu yang terjadi di badan Bendung Koja, anak sungai Cikeas di kawasan Pondok Gede Permai, dan Villa Nusa Indah 1.

Mansur, salah satu tim Katak, mengaku tim tersebut
bekerja setiap hari melakukan susur sungai, untuk menjaga kebersihan Kali Bekasi.

Sebagian besar anggota Pasukan Katak Orange berusia muda. Setiap bekerja, mereka wajib memakai peralatan safety, seperti jaket pelampung. Mereka menjadi kunci keberhasilan menjernihkan Kali Bekasi dari sampah.

Lihat juga...