hut

Berkat Damandiri, Rumah Yudiono Kini Layak Huni

Editor: Mahadeva

MALANG – Tinggal di dalam rumah yang nyaman, aman dan sehat, tentu menjadi keinginan setiap orang. Tidak terkecuali Yudiono, yang selama ini menempati rumah yang masuk katagori tidak layak huni.

Penerima manfaat program bedah rumah, Yudiono – Foto Agus Nurchaliq

Bersama keluarganya, Yudiono, bertahun-tahun tinggal dirumah yang hanya beralaskan tanah dan berdinding anyaman bambu. “Dulu rumah saya kondisinya sudah mau roboh dan atapnya sudah banyak yang bocor,” kenangnya, Selasa (30/4/2019).

Tetapi sekarang, Yudiono sudah bisa bernafas lega. Kondisi rumahnya yang dulu sudah hampir roboh, kini sudah berdiri kokoh dengan cat berwarna biru muda.  Yudiono, merupakan salah satu warga Desa Mandiri Lestari (DML) Kelurahan Kedungkandang. Yudiono adalah penerima manfaat program bedah rumah dari yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri).

Usai mendapatkan program bedah rumah, kondisi rumahnya saat ini sudah jauh berbeda. “Dinding rumah yang dulunya dari anyaman bambu, sekarang sudah terbuat dari batu bata. Termasuk juga lantainya yang sekarang sudah diplester,” terangnya.

Tidak hanya sudah menempati rumah yang layak huni, Yudiono juga mendapatkan bantuan modal usaha dari Damandiri. “Untuk renovasi rumah mendapat bantuan dana sebesar Rp20 juta. Sedangkan untuk modal usaha mendapatkan bantuan dana Rp5 juta,” terangnya.

Yudiono mengaku sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Yayasan Damandiri atas bantuan yang diterimanya. “Kami sekeluarga sangat bersyukur sekali telah mendapatkan bantuan renovasi rumah sekaligus modal usaha dari Damandiri,” ujarnya.

Manajer Umum Koperasi Unit Desa (KUD) Subur, Desa Mandiri Lestari Kedungkandang, Arif Adi Rendra, menyampaikan, program bedah rumah merupakan salah satu program DML yang digagas Damandiri. Kegiatannya untuk memberdayakan warga Kelurahan Kedungkandang. “Program ini juga merupakan salah satu upaya dari Damandiri untuk mengentaskan kemiskinan di Kelurahan Kedungkandang,” terangnya.

Selain merenovasi rumah warga, Yayasan Damandiri juga memberikan bantuan modal usaha untuk menyemangati sekaligus menstimulus warga, agar lebih produktif dalam rangka meningkatkan perekonomian keluarga. “Target penerima manfaat bedah rumah ini memang merupakan warga miskin, dan tidak mampu atau prasejahtera (Pra-KS) dan Keluarga Sejahtera Satu  (KS 1) yang produktif,” pungkasnya.

Lihat juga...