Berwisata Sambil Belajar di TWP Purbasari

Editor: Mahadeva

PURBALINGGA – Berwisata tidak hanya sekedar melepas penat dan bersenang-senang. Berwisata bagi anak-anak bisa dilakukan sambil belajar.

Berwisata sambil belajar bisa dilakukan dengan menyenangkan, di Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari. Anak-anak bisa melihat dan mengenal berbagai macam jenis ikan, dari ikan langka hingga ikan yang banyak dijumpai. Dari yang berukuran kecil, hingga yang berukuran raksasa.

Terletak di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, TWP Purbasari menyediakan wahana pendidikan dan rekreasi keluarga. Terdapat aquarium besar berbentuk seperti sea world, dengan berbagai macam koleksi ikan langka, seperti ikan Arapaima Gigas, ikan raksasa dari perairan Amazon serta berbagai macam ikan air tawar.

Selain koleksi ikan, TWP Purbasari juga memiliki taman unggas dengan koleksi mencapai puluhan. Unggas tersebut ditempatkan di kandang di sepanjang jalan secara terpisah-pisah. Ada burung merak dengan bulu yang indah, ayam bekisar, rusa dan hewan lainnya.

Untuk wisata keluarga, disediakan berbagai macam kolam renang, dari khusus untuk anak-anak hingga dewasa. Ada pula wisata naik perahu mengelilingi area wisata, sepeda air dan wahana lainnya. Tiket masuk ke lokasi hanya Rp10.000 pada hari biasa dan Rp15.000 saat akhir pekan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Priwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, Yanuar Abidin. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Priwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, Yanuar Abidin, mengatakan, TWP Purbasari terpilih menjadi tuan rumah Indonesia Sustainable Tourism Awarda (ISTA) di 2019. ISTA merupakan kegiatan untuk mempromosikan destinasi wisata.

“TWP Purbasari Pancuranmas ini dipilih sebagai lokasi untuk sosialisasi ISTA wilayah Jateng bagian selatan, karena di 2018 lalu, destinasi wisata ini berhasil meraih penghargaan ISTA untuk kategori tata kelola destinasi wisata terbaik,” terangnya, Minggu (14/4/2019).

ISTA dibangun untuk mengukur implementasi pariwisata berkelanjutan, terutama dalam pengelolaan destinasi wisata. Ajang ISTA merupakan implementasi dari Permenpar No.14/2016, tentang Destinasi Pariwisata Berkelanjuatan, yang diadopsi dari kriteria GSTC (Global Sustainable Tourism Council).

Ada 104 indikator dan 44 kriteria pengembangan pariwisata berkelanjutan. Dan di ISTA 2019, penilaian dimulai pada 18 Maret hingga 18 Mei 2019 mendatang. TWP Purbasari didirikan sejak 2001, dan hingga kini terus berbenah diri dengan melengkapi sarana wisata. Dibangun di lahan seluas enam hektare, lokasi tersebut menggabungkan konsep wisata alam buatan dengan berbagai macam wahana modern.

Masuk ke area ini, pengunjung akan disambut dengan gua aquarium yang cukup besar dan panjang. Pengunjung dapat berlama-lama di lokasi tersebut. “Senang ke sini, sudah beberapa kali, tetapi tetap menarik untuk dikunjungi. Selain tiket murah, anak-anak juga bisa belajar tentang aneka jenis ikan seperti di pelajaran IPA mereka, ada juga jenis-jenis unggas. Setelah lelah melihat-lihat koleksi ikan, mereka akan berenang, kemudian makan di gazebo dan sebelum meninggalkan lokasi, wajib naik perahu. Letak wahana perahu juga tepat di dekat pintu keluar, sehingga jalurnya sangat pas,” tutur salah seorang pengunjung, Ibu Yanti.

Lihat juga...