BI Purwokerto Jemput Uang Lusuh di Kampung Laut

Editor: Satmoko Budi Santoso

CILACAP – Dalam rangka menarik peredaran uang lusuh, Bank Indonesia (BI) Purwokerto melakukan jemput bola penukaran uang di Kampung Laut, Kabupaten Cilacap. Dengan membawa uang senilai Rp 164 juta, petugas BI berkelilling di Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut.

Warga Klaces sangat antusias untuk menukarkan uang lusuh dengan uang baru. Salah satunya, Siti Patonah (25), yang menukar uang Rp 310 ribu dengan yang pecahan.

“Di sini susah mendapatkan pecahan uang kecil seperti uang 10 ribuan, 5 ribuan hingga 2 ribuan. Padahal uang pecahan kecil sangat dibutuhkan untuk uang kembalian,” kata Siti yang sehari-hari membuka warung makanan, Rabu (10/4/2019).

Selama ini, lanjutnya, ia baru bisa menukar uang jika ada pedagang dari luar yang datang ke Kampung Laut. Sehingga kedatangan BI Purwokerto sangat membantu untuk mendapatkan uang pecahan.

“Sebenarnya ingin menukar lebih banyak lagi, karena uangnya baru-baru, tetapi adanya hanya segitu, ” tuturnya.

Setelah berkeliling, BI Purwokerto membuka penukaran uang di halaman kantor Balai Desa Kleces, sekaligus sosialisasi tentang keaslian uang rupiah. Stan penukaran uang BI langsung dikerumuni masyarakat.

Bank Indonesia Purwokerto membuka penukaran uang di Balai Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap. Foto: Hermiana E. Effendi

Bu Solihah yang merupakan petugas Unit Pengelola Kegiatan (UPK) mengatakan, ia sangat membutuhkan uang pecahan dalam jumlah banyak, untuk keperluan pencairan dana. Biasanya, ia menukar uang saat pergi ke kota. Sehingga kedatangan BI ke Kampung Laut benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Lihat juga...