hut

Bromelia, Tanaman Menawan yang Tidak Rewel

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Pecinta tanaman pastinya tidak asing dengan bromelia. Bentuknya yang unik, warna daun yang beragam dengan warna bunga yang mencolok, membuat bromelia menjadi tanaman hias favorit. 

Staf Agro Taman Buah Mekarsari, Sodikin, menyebut, bromelia dapat tumbuh subur di semua lingkungan. Baik ditanam di atas tanah langsung atau di dalam pot, asalkan sirkulasi udara dan kelembabannya sesuai.

Bromelia menyukai kelembaban 60 persen, dengan suhu rata-rata 15 hingga 30 derajat Celcius. “Yang khas dari bromelia ini adalah daunnya. Rata-rata bromelia bisa memiliki 40 helai daun yang bentuknya melengkung. Ada yang tepi daunnya bergerigi, ada juga yang polos tanpa gerigi,” kata Sodikin, Selasa (30/4/2019).

Di Mekarsari, bromelia ditampilkan dalam dua media tanam. Di tanah dan disusun dalam koloni atau di dalam pot. “Biasanya kalau pengunjung belinya di pot. Hanya kita juga ingin menunjukkan kalau bromelia juga bagus ditanam di tanah dalam bentuk koloni,” ujar Sodikin.

Bromelia termasuk tanaman yang tidak rewel. Sehingga sangat bagus dimiliki oleh orang yang sibuk. “Nggak perlu sering disiram. Yang penting jangan sampai media tanamnya kering. Jadi kita lihat aja, kalau musim hujan nggak usah disiram. Tapi kalau lagi kemarau, disiram pas tanahnya mulai kering,” ucap Sodikin.

Bromelia yang kekurangan air bisa dilihat dari daunnya yang kekuningan. Tapi jika dilakukan penyiraman,  daun akan bisa pulih kembali.  Pemupukannya juga bergantung pada jenis pupuk. Kalau jenis NPK yang mudah terserap, dilakukan lebih sering. Tapi kalau model yang lambat diserap,  pemupukan bisa dilakukan tiga bulan sekali. Pada Umumnya, bromelia sudah bisa dipisahkan anakannya pada umur sekitar satu hingga dua tahun.

Pemisahan bergantung pada jenis bromelia-nya. “Kalau mau cepat, kita pakai tunas anakan saja. Begitu mulai banyak, kita pisahkan. Bisa juga menggunakan bijinya. Tapi ini sangat jarang sekali dilakukan,” pungkas Sodikin.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!