Cilok Daging Kambing Dengan Bumbu Rahasia Penarik Rasa

Editor: Mahadeva

Cilok Daging Kambing di Denpasar, Bali.-Foto: Sultan Anshori.

DENPASAR – Selain Bakso, satu lagi kuliner yang familier di Indonesia yaitu Cilok. Makanan tersebut sangat digemari oleh masyarakat, karena memiliki tekstur mirip bakso, meskipun ukurannya lebih kecil.

Di Denpasar, cilok sangat mudah dijumpai di pinggir jalan. Biasanya, cilok terbuat dari daging sapi dan ayam giling. Namun di Denpasar, terdapat cilok yang berbahan daging kambing. Aida Rahma, penjual Cilok Daging Kambing yang ada di jalan Tengku Umar, Gang Maruti, Denpasar menjelaskan, cilok daging kambing tidak ubahnya seperti cilok daging ayam dan sapi pada umumnya.

Untuk dibuat cilok, daging kambing digiling, seperti daging lainnya. Yang membedakan, sebelum daging kambing digiling, daging direndam menggunakan air garam yang dicampur dengan jeruk nipis, untuk melunakan daging. “Selain itu hal tersebut bisa mengurangi bau amis pada daging kambing,” jelas Aida Rahma, Sabtu (13/4/2019).

Aida Rahma penjual Cilok Daging Kambing di jalan Tengku Umar Gang Maruti Denpasar.-Foto: Sultan Anshori.

Cilok dibuat dengan mencampur daging kambing giling dan tepung terigu serta beberapa bumbu lain. Dan yang tak kalah penting, ada bumbu dapur rahasia, yang turut dicampur sehingga cilok daging kambing memiliki cita rasa yang enak dan tidak berbau amis. “Kemudian campuran daging, tepung dan bumbunya tadi dibentuk menyerupai bola-bola kecil, dan dikukus sampai matang,” imbuh Aida.

Dalam sehari, Aida menghabiskan satu kilo daging kambing untuk dibuat ratusan porsi cilok. Satu porsi cilok, dijual dengan harga seribu isi lima. “Alhamdulillah peminatnya banyak. Apalagi nanti pas bulan puasa, pesanan banyak. Biasanya dijadikan makanan saat berbuka puasa, dan cemilan di malam hari,” kata

perempuan berjilbab tersebut.

Saat dicoba, cilok daging kambing bertekstur lembut. Meski berbahan dasar daging kambing, baunya tidak tercium saat dimakan. Selain itu, meskipun tergolong hewan yang memiliki daging berserat lemak banyak, setelah direndam menggunakan garam dan jeruk nipis, serat lemak tersebut hilang tak tersisa.

Hendra, salah seorang penikmat cilok daging kambing menyebut, menyukai menu tersebut karena rasanya hampir menyerupai bakso sapi pada umumnya.  “Rasanya enak. Sampai ketagihan,” pungkasnya.

Lihat juga...