hut

Daya Tarik Melon Lonjong di Mekarsari

Editor: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Varietas melon terakhir yang dirilis oleh Taman Buah Mekarsari adalah SH5. Seperti “kakak-kakaknya”, SH5 pun memiliki keunggulan. Buah SH5 berukuran besar dan memiliki daging yang tebal. Uniknya, bentuknya bulat lonjong.

Salah satu pengunjung, Putra, menyebutkan bahwa dirinya sangat tertarik dengan berbagai varietas melon Taman Buah Mekarsari. Terutama yang memiliki bentuk bukan bulat.

“Saya sudah beberapa kali datang ke Mekarsari. Karena memang tertarik dengan jenis-jenis melon. Kemarin pas ada acara di sini, saya nggak datang. Jadi baru bisa lihat sekarang yang SH5,” ujarnya.

Staf Agro Taman Buah Mekarsari, Danu Sabda, menyebutkan, seperti halnya varietas yang terlebih dahulu dipamerkan pada masyarakat, SH5 juga memiliki buah yang manis.

Buah melon lonjong – Foto: Ranny Supusepa

“Tipe daging buahnya itu renyah, kadar gulanya antara 12-14 derajat brix dan kadar airnya sedang, yaitu sekitar 20-26 persen,” kata Danu di area Biosari, Taman Buah Mekarsari, Minggu (28/4/2019).

Warna daging buah dan plasentanya oranye. Sementara kulit buahnya hijau muda dan kulitnya mulus.

“Daging buahnya termasuk tebal, yaitu sekitar 2,2 hingga 4 cm. Saat matang, warna kulitnya yang hijau akan berganti menjadi krem. Bentuk buahnya bulat lonjong dengan berat antara 1 hingga 1,6 kg,” ujar Danu.

Panjang buah SH5 antara 15,90-16,07 cm dan diameter 13,90-14,10 cm.

“Bunga akan mulai muncul pada hari ke 20 hingga hari ke 23 setelah masa tanam. Bunganya berbentuk rotate, kelopak bunganya hijau, mahkotanya kuning, warna kepala putik hijau muda dan warna benang sari kuning,” papar Danu.

SH5 yang merupakan persilangan MKS-RI-3-6 dengan varietas 7 ini memiliki batang yang berwarna hijau dengan bentuk bulat dan diameter sekitar 0,9 cm.

“Bentuk daunnya sih hampir sama dengan jenis lainnya, bulat dan permukaannya kasap. Hanya, tepi daun SH5 ini bergelombang dan ujungnya tumpul,” ucap Danu.

Danu menyampaikan bahwa SH5 bisa dipanen pada umur 60-65 hari dan mampu bertahan disimpan hingga 15 hari sejak panen.

“Dalam satu hektare bisa memuat 20.000 tanaman. Artinya jika kita mengambil yang panen itu sekitar 80 persen, akan ada hasil maksimal 28.800 kg buah melon,” pungkasnya.

Lihat juga...