Diproyeksikan, Ekonomi Sumbar Tumbuh Cukup Tinggi

Bank Indonesia [CDN]

PADANG – Bank Indonesia memproyeksikan ekonomi Sumatera Barat (Sumbar) di 2019 tumbuh cukup tinggi. Pertumbuhannya diproyeksikan di kisaran 5,1 persen hingga 5,5 persen.

“Pada 2019 ekonomi Sumatera Barat diperkirakan akan membaik, didorong oleh masifnya kebijakan pemerintah menjelang dan selama pelaksanaan pemilu dan pilpres,” kata Kepala BI perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama, dalam Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Sumbar Triwulan I 2019, Senin (15/4/2019).

Menurut Dia, tingginya aktivitas Lembaga Non Profit Rumah Tangga selama menjelang pemungutan suara Pemilu 2019, akan ditransmisikan kepada pertumbuhan ekonomi rumah tangga. Selain itu, naiknya Upah Minimum Provinsi (UMP) dan gaji PNS, serta naiknya jumlah bantuan sosial dan nominal akan turut mempengaruhi.

Kemudian masifnya anggaran infrastruktur pemerintahan di 2019, yang meningkat sampai 133 persen dibanding 2018 juga ikut berkontribusi. “Berikutnya terjadi kenaikan dana desa dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta peningkatan anggaran pemerintah daerah,” rincinya.

Lihat juga...