Distribusi Logistik Pemilu, Heli TNI AD Jangkau Daerah Tersulit

Editor: Makmun Hidayat

BALIKPAPAN — Pendistribusian Logistik Pemilu 2019 untuk daerah Kabupaten Mahulu dikirimkan dari Balikpapan oleh KPU Kalimantan Timur menggunakan Helikopter Bell 412 EP HA 5183 milik TNI AD, dipimpin oleh Mayor Cpn Hendry, telah tiba dalam keadaan aman pada Senin (15/4/3019).

Pengiriman logistik Pemilu 2019 khusus wilayah Kabupaten Mahakam Hulu untuk memenuhi kekurangan surat suara yang telah dikirimkan pada hari sebelumnya.

Hal tersebut sesuai permohonan Ketua KPUD Kaltim Rudiansyah kepada Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto untuk membantu distribusi Pemilu 2019 menggunakan heli TNI AD ke daerah yang sulit di jangkau, karena hambatan kondisi alam guna menjamin logistik tiba tepat waktu sebelum waktu pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019.

Dalam pengirim logistik yang dibawa oleh Ngadino (Sekretaris KPUD Mahulu), Leonder Awang Ajad S.Sos (Ketua Bawaslu Kab.Mahulu) dan Ipda Lapalengo (Wakapolsek Long Bagun) berjumlah 8 koli karung yang berisi 4311 surat suara dan 18 botol tinta.

Sementara itu Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino yang ikut memantau pelaksanaan distribusi logistik di base ops Lanud Dhomber menyampaikan bahwa pengiriman logistik Pemilu 2019 menggunakan angkutan udara heli BKO Kodam VI/Mulawarman sesuai perintah Panglima TNI.

“Distribusi surat suara tersebut merupakan kelanjutan pelaksanaan distribusi ke Kabupaten Mahakam Hulu untuk memenuhi kekurangan surat suara yang telah dikirimkan satu hari sebelumnya untuk menjamin tersedianya surat suara tepat waktu sebelum waktu pencoblosan,” jelasnya.

Selama proses kegiatan pendorongan logistik pemilu 2019 dari Bandara Sepinggan Balikpapan yang berjalan selama kurang lebih 2 jam sampai tiba di Kotis Yonif 144/JY Long Bagun Kabupaten Mahulu berjalan dalam keadaan aman dan lancar.

S”elanjutnya logistik pemilu 2019 dibawa ke gudang logistik KPU Kabupaten Mahulu untuk dicek dan disiapkan sebelum di distribusikan sampai ke TPS,” ujar Kapendam.

Sesuai hasil koordinasi dengan pihak KPU Kaltim selanjutnya Heli Bell 412 EP HA 5183 akan di-standby di Long Bagun untuk mengantisipasi kemungkinan pengerahan lanjutan untuk pendistrubusian surat suara sampai ke Long Apari dan Long Pahangai.

Lihat juga...