Drama 7 Gol Antar Chelsea Lolos Semifinal Liga Eropa

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

LONDON — Chelsea mengunci tiket babak semifinal Liga Eropa setelah meraih kemenangan dramatis 4-3 atas Slavia Prague pada leg kedua babak perempat final di Stamford Bridge. Kemenangan itu membuat The Blues melenggang dengan keunggulan agregat 5-3.

Beban Chelsea sebenarnya tidak terlalu berat untuk menggaransi lolos babak semifinal. The Blues cukup bertahan agar tidak kalah dan dipastikan melenggang ke fase berikutnya. Namun strategi itu tidak memuaskan sang manajer Maurizio Sarri yang menginstruksikan anak asuhnya untuk mengejar gol.

Hasilnya tim London membuka keunggulan saat laga baru berjalan lima menit. Kerjasama tim membuka ruang bagi Olivier Giroud mengirim umpan bagi Pedro Rodriguez. Pedro kemudian mengirim bola loft melewati Ondrej Kolar.

Empat menit berselang The Blues menggandakan keunggulan. Bermula dari percobaan Pedro mencetak gol dari jarak dekat menyambut umpan Eden Hazard, bola mengenai tiang gawang dan memantul. Nahas bagi Slavia, bola yang coba dihalau ben mereka justru meluncur ke gawang sendiri.

Agresivitas Chelsea terus berlanjut. Menit 17, The Blues membuat tim asal Ceko itu semakin tertinggal setelah Olivier Giroud mencetak gol ketiga. Kerjasama apik N’Golo Kanto dan Pedro membuka ruang bagi pemain Spanyol itu untuk mencetak gol. Namun Pedro memilih memberikan bola pada Giroud yang meneruskannya ke gawang yang sudah dalam posisi kosong.

Saat Chelsea di atas angin, Slavia justru bisa bangkit. Sundulan kepala Deli menyambut sepak pojok memaksa Kepa Arrizabalaga bekerja keras mengamankan gawangnya. Namun Arrizabalaga tidak bisa berbuat banyak menghalau sundulan kepala Tomas Soucek memanfaatkan sepak pojok di menit 26.

Suka cita pendukung tim tamu tak berlangsung lama. Chelsea langsung membalas dengan gol keempat yang dicetak Pedro Rodriguez. Pedro menaklukkan Kolar setelah sang kiper berhasil menghalau tembakan Giroud.

Slavia masih belum menyerah. Di babak kedua, Slavia mencetak gol keduanya menit 51 melalui Petr Sevcik. Tiga menit kemudian Sevcik kembali mencatatkan namanya di papan skor dan membuat skor berubah menjadi 4-3. Sayang, Slavia gagal menambah gol dan harus puas mengakhiri kiprah di Liga Eropa di markas Chelsea.

Di babak semifinal, Chelsea bakal berhadapan dengan Eintracht Frankfurt yang menang 2-0 atas Benfica. Meski agregat kedua tim sama 4-4 namun Frankfurt melenggang berkat keunggulan gol tandang.

Lihat juga...